Iris Mittenaere, Miss Universe 2016, Puji Kecantikan Anggun

CNN Indonesia | Sabtu, 01/04/2017 17:32 WIB
Saat ke Jakarta dalam rangka Puteri Indonesia 2017, Iris Mittenaere sebut Anggun sebagai orang yang berjasa melancarkan karirnya sebagai Miss Universe 2016. Miss Universe 2016 ingin beri inspirasi jika wanita memiliki kekuatan. (REUTERS/Erik De Castro)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hadir sebagai bintang tamu acara malam puncak pemilihan Puteri Indonesia 2017 kemarin malam (31/3), Miss Universe 2016 Iris Mittenaere berharap bisa menginspirasi para kontestan dan pemenang untuk memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

“Saya rasa semua wanita berhak untuk mengikuti ajang kecantikan seperti ini. Ini adalah kunjungan kedua saya ke Indonesia. Selama berkunjung ke sini, saya melihat wanita Indonesia cantik-cantik dan berbakat. Kehadiran saya semoga bisa menginspirasi para kontestan sekaligus menunjukkan jika wanita memiliki kekuatan,” ungkap Iris saat ditemui oleh CNNIndonesia di Sumit Room JCC beberapa jam sebelum Pemilihan Putri Indonesia berlangsung.
[Gambas:Instagram]

Bagi Iris sendiri, tidak pernah terlintas dalam benaknya bisa ratu tercantik sejagad. Ketika kecil, ia bercita-cita ingin jadi dokter gigi.

“Waktu kecil, saya ingin menjadi dokter gigi. Mimpi saya ingin menjadi penyanyi. Tapi, itu cuma mimpi saja. Sama seperti kebanyakan remaja, saya sering menonton program kontes kecantikan di televisi tapi tidak pernah terlintas dalam benak saya untuk menjadi Miss France dan kemudian Miss Universe,” terang wanita 24 tahun itu.


Pada satu hari, seorang pencari bakat tawarkan kesempatan untuk ikut kontes kecantikan yang diselenggarakan di kota asalnya, Lilie. Dari kontes itulah, Iris terus melaju ke kompetisi pemilihan Miss France.

“Saya tidak ingin punya penyesalan. Saya ingin mencoba. Kalah atau menang tidak masalah. Saya tidak mau dalam 3 tahun mendatang masih berandai-andai karena tidak mengambil kesempatan bagus.”

Dan, ternyata salah satu orang paling berpengaruh dalam perjalanan karirnya sebagai ratu kecantikan ini ternyata Anggun, penyanyi Indonesia yang kini bermukim di Perancis.

“Anggun adalah salah satu juri dalam kompetisi Miss France. Dia sangat menjagokan saya hingga akhirnya saya menang. Saya sangat menyukainya. Hubungan kita sangat dekat karena kita punya banyak teman yang sama. Anggun sangat terkenal di Perancis. Saya anggap ia sangat cocok untuk menjadi seorang Miss Universe yang cantik.”

Berangkat dari niat tanpa penyesalan, Iris kini sangat menikmati statusnya sebagai Miss Universe.

“Saya suka jadi Miss Universe,” selorohnya.

Momen paling berkesan baginya jelas pada saat dinobatkan menjadi Miss Universe 2016.

“Perancis biasanya tidak menang di kompetisi ini. Ketika nama saya disebut, saya sangat terkejut. Yang saya ingat, saya sedang memegang tangan Miss Haiti dan tiba-tiba, ‘Apa yang sedang terjadi?’ Saya tidak ingat siapa yang memasang tiara di kepala saya atau yang menyematkan selempang. Saya seperti sedang tersesat. Tiba-tiba saja ada yang berteriak menyuruh saya berjalan dan melambaikan tangan ke penonton. Semua itu momen luar biasa.”