Fakta Sesat Splenda, Pemanis Buatan Tanpa Kalori

Gloria Safira Taylor, CNN Indonesia | Rabu, 05/04/2017 16:10 WIB
Fakta Sesat Splenda, Pemanis Buatan Tanpa Kalori Splenda memiliki empat kandungan kalori. (Hebi65/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemanis buatan tanpa kalori jadi salah satu alternatif pengganti gula bagi sebagian orang. Namun, pemanis buatan tetap memiliki kandungan kalori. Ada satu pemanis tanpa kalori yang kini sedang populer dan ternyata memiliki fakta yang menyesatkan. Namanya, Splenda.

Dilansir dari Foodbeast, Tom Scott dalam akun YouTubenya membuat berita mengejutkan tentang Splenda. Fakta terungkap jika Splenda memiliki empat kandungan kalori dari pemanis ini.

Menurut Tom, label tersebut mengklaim sebagai pemanis tanpa kalori karena tidak menggunakan gula. Sebagai gantinya, dia memanfaatkan sucralose, pemanis buatan yang tidak mengandung kalori dan 600 kali lebih manis dari gula.


Faktanya, splenda dibuat dengan maltodekstrin dan dekstrosa. Maltodekstrin adalah hasil dari reaksi kimia air dengan senyawa pati yang mengandung glukosa.

Dekstrosa merupakan gula yang terbuat dari tepung jagung. Kandungan itu dinilai sebagai pembuat kalori dalam pemanis.

Kedua kandungan tersebut disebut praktis karena bentuknya yang lebih kecil dari butiran gula dan tidak membutuhkan paket yang besar.

Diketahui, terdapat sejumlah label pemanis buatan tanpa kalori yang mengandung dekstrosa. Mereka adalah Sweet N Low, Sweet One dan Equal.

Tidak hanya yang pemanis buatan, tetapi pemanis alami seperti stevia dan monkfruit pun mengandung kalori. Kandungan erythritol atau xylitol membuat kalori yang lebih rendah dibanding gula.

Pemanis buatan tanpa kalori memang memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dari gula, yakni 15-24 kalori per paket.