Lapangan Golf di Indonesia Berpotensi Jadi Objek Wisata

Ardita Mustafa, CNN Indonesia | Kamis, 06/04/2017 17:47 WIB
Lapangan Golf di Indonesia Berpotensi Jadi Objek Wisata Lingkungan Hidup dan Pemprov DKI Jakarta berencana mengubah fungsi Senayan Golf, yang sebelumnya merupakan kawasan komersial menjadi hutan kota atau Ruang Terbuka Hijau (RTH). (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Jakarta, CNN Indonesia -- Golf bukan sekedar olahraga, namun juga telah menjadi aktivitas penunjang gaya hidup bagi kaum berduit. Di China, ada banyak penduduknya yang menggemari golf. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia berusaha mengundang mereka datang guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Tanah Air.

Melalui Kementerian Pariwisata, olahraga golf akan dikemas dalam sejumlah paket perjalanan wisata. Jika sudah berbicara mengenai wisata, tentu saja para wisatawan akan diajak mengayuh stik di tengah pemandangan alam yang cantik.

“Lapangan golf di Indonesia banyak yang berada di kawasan yang mengesankan. Dapat digunakan sepanjang tahun, karena tak terpengaruh oleh faktor cuaca,” kata Deputi Direktur Pemasaran Wisata Kawasan Asia-Pasifik Kemenpar, Afrida Pelitasari, dalam acara promosi wisata di Jinghua Golf Club, Langfang, China, seperti yang dilansir dari Antara pada Kamis (6/4).


Lanjut dikatakan Afrida, meski ada larangan pembangunan lapangan golf di China sejak 2004, namun jumlah penggemar golf muda di sana telah mencapai angka 10.000 orang.

Karena keterbatasan lapangan terbuka, mereka biasanya bermain di sebanyak 111 lapangan golf tertutup di dalam ruang.

“Keterbatasan itu menjadi potensi bagi kami untuk menjual berbagai paket wisata bermain golf di lapangan terbuka,” ujar Afrida.

China merupakan negara pertama yang menjadi sasaran Kemenpar dalam mempromosikan paket wisata golf. 

Selanjutnya Kemenpar akan menyasar para penggemar golf di Korea Selatan dan Jepang, sebagai bagian dari upaya pemerintah Indonesia untuk mengejar target kunjungan 15 juta wisatawan asing pada tahun ini.

[Gambas:Instagram]

Sepanjang 2016, jumlah wisatawan China yang berkunjung ke Indonesia mencapai 1,4 jutaan orang atau meningkat 27,31 persen dibandingkan tahun 2015 yang hanya 1,1 jutaan orang.

Di Indonesia, lapangan golf yang sering dikunjungi wisatawan mancanegara ialah Nirwana Bali Golf (Bali), Taman Dayu Golf Club and Resort (Surabaya), Ria Bintan Golf (Kepulauan Riau), Taman Dayu Golf Club and Resort (Pasuruan), Finna Golf and Country Club (Pasuruan), Damai Indah Golf (Jakarta) dan Rancamaya Golf and Country Club (Ciawi).

[Gambas:Instagram]

Jakarta, Bali dan Kepulauan Riau memang bisa dibilang sebagai surganya lapangan golf. Yang menarik justru dari Pasuruan, karena ada dua lapangan golf yang juga berpemandangan cantik di sana.

Di Taman Dayu Golf dan Finna Golf and Country Club, pengunjung akan disambut dengan pemandangan Gunung Arjuno, Gunung Semeru dan Gunung Welirang.

Khusus di Finna Golf and Country Club, pengunjung malah bisa bermain dengan sensasi melewati area persawahan.