Antusiasme Warga Jepang Santap Ramen Cacing

REUTERS/Kim Kyung-Hoon, CNN Indonesia | Rabu, 12/04/2017 14:31 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Tren makan serangga makin menjamur. Kini giliran Jepang yang memopulerkan sajian serangga, termasuk cacing. Mereka bahkan juga mencampur serangga dengan ramen.

Para pecinta kuliner ekstrem di Jepang kini bisa memuaskan keinginannya untuk mencoba varian makanan ekstrem yang dipadukan dengan makanan tradisional mereka, ramen. Restoran Ramen Nagi menyajikan ramen 'istimewa.' (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
Ramen Nagi menyajikan semangkuk ramen dengan tambahan garnish dan pelengkap berupa serangga goreng kering dan juga jangkrik goreng. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
Sajian istimewa ramen serangga ini disajikan hanya untuk satu hari saja pada 9 April 2017. Namun dalam satu hari tersebut mereka berhasil menjual 100 mangkuk tsukemen serangga. Ratusan mangkuk ini terjual dalam waktu empat jam saja. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
Ramen ini disajikan dengan tambahan berbagai serangga seperti jangkrik, cacing kecil, belalang, dan ulat sutra. Aneka topping ini bisa dipilih bebas dan ditaburkan ke dalam kuah sup ramen yang gurih.  (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
Selain ramen, serangga ini juga dikreasikan dalam bentuk spring roll atau lumpia. Serangga ini digulung dengan kulit lumpia dan tambahan irisan sayur. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
Ajang ramen serangga ini digagas oleh pemilik restoran Yuta Shinohara. Dia jugalah otak di balik berbagai ajang makan serangga yang digelar di Tokyo.(REUTERS/Kim Kyung-Hoon)