Keunikan Distro yang Tak Pernah Mati

Gloria Safira Taylor, CNN Indonesia | Kamis, 13/04/2017 17:55 WIB
Keunikan Distro yang Tak Pernah Mati Foto: Adhi Wicaksono
Jakarta, CNN Indonesia -- Distribution store atau biasa dikenal distro menjadi favorit di kalangan anak muda di tahun 2007. Padahal sebenarnya, toko seperti ini sudah mulai menjamur di Indonesia sejak 20 tahun yang lalu. Di distro ini, toko akan menerima titipan pakaian dan aksesori produksi produsen lokal untuk mereka jual.

Hingga sekarang, distro tetap menjadi salah satu pilihan menarik untuk berburu baju produksi lokal dengan harga terjangkau. Ini terbukti kemarin, usai membagikan 'Kartu Sakti' dan sertifikat tanah ke warga Jawa Barat, Presiden Joko Widodo menyempatkan diri berbelanja ke sebuah distro yang terletak di lantai 2 Bandung Indah Mal.

Berawal dari Bandung di pertengahan tahun 90-an, distro lebih mengkhususkan diri untuk menjajakan produk yang berhubungan dengan band independen. Mereka biasanya menjual CD/kaset, kaos dan stiker. Tak urung, jaket dan celana juga ikut dijual dalam usaha yang memiliki konsep awal sebagai usaha rumahan itu.

Mayoritas, distro dimiliki dan dikelola oleh anak muda. Usaha tersebut juga masuk dalam kelompok industri kecil dan menengah.


Dikutip dari berbagai sumber, keunikan distro biasa terdapat pada desain kaos yang dijual. Jumlah kaos yang dijual juga dalam jumlah terbatas karena sablon logo yang unik adalah hasil rancangan sendiri. Bahan katun berkualitas menjadi prioritas dalam pilihan jualan  supaya nyaman digunakan pembeli.

Meski bersifat independen, mereka juga terus mengikuti perkembangan mode saat ini. Bahkan, jaket-jaket yang dulunya minim dijual sekarang sudah banyak dipajang dan dijual di distro-distro seluruh Indonesia.

Model jaket inilah yang kerap ia beli setiap kali berbelanja di distro kota dimana ia berkunjung, termasuk saat ke Bandung kemarin. Jokowi sempat mencoba dan membeli satu jaket berwarna hitam.

Tidak lengkap rasanya jika perbincangan soal distro tidak menyoal harga. Karena menyasar anak muda, tentu saja distro tidak menjual barang-barang dengan harga jutaan.

Kisaran puluhan ribu sampai ratusan ribu menjadi harga yang ditawarkan dari setiap produk distro. Maka itu, tidak heran jika kalangan anak muda lebih memilih untuk belanja di distro daripada butik-butik kelas atas.

Selain itu, keunikan distro adalah biasa dijadikan tempat berkumpulnya satu komunitas tertentu. Biasanya, distro lebih menyangkut pada komunitas musik.

Suasana ramai dan perbincangan soal musik biasanya menjadi hal yang lumrah di tempat itu. Jadi, jangan heran jika melihat banyak musisi atau komunitas berada di dalam distro.

Rekomendasi Distro

Kebanyakan, distro-distro berpusat di Bandung. Bukan hal yang aneh karena kota inilah yang memulai tren tersebut. Apa saja distro yang menjadi rekomendasi bagi anak muda?

UNKL347
Bertempat di Jalan Trunojoyo Nomor 4 Bandung, distro ini menjadi incaran warga Bandung dan sekitarnya. Beberapa jenis produk disediakan seperti kaos, sandal, dompet, denim, kemeja, dan topi.

Peter Says Denim
Merek yang satu ini pasti sudah tidak asing di telinga masyarakat. Tidak hanya sukses di Indonesia, distro ini sudah melebarkan sayapnya hingga luar negeri dan digunakan oleh band luar.

Endorse
Kawasan Tebet, Jakarta Selatan, dianggap sebagai surga Distro karena banyak distro yang menjadi favorit anak muda. Salah satu dari puluhan distro di Tebet, yang paling populer adalah Endorse. Dia menjual produk dari harga puluhan hingga ratusan ribu.