Kecerdasan Mesin Pencetak Cokelat 3D di Belgia

REUTERS/Francois Lenoir, CNN Indonesia | Minggu, 16/04/2017 06:01 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Lapisan demi lapisan setebal 0.2 milimeter dikerjakan toko cokelat di Belgia. Dengan mesin khusus, toko ini ciptakan beragam obyek 3D dari cokelat leleh.

Toko Cokelat Miam Factory baru mengoperasikan mesin ini 3 bulan lalu. Mesin ini diciptakan oleh Smart Gastronomy Lab, milik Universitas Liege. Pusat penelitian ini memfokuskan pada eksplorasi teknologi di sektor makanan dan minuman. Mereka mengoperasikan 4 mesin cetak 3D khusus. (REUTERS/Francois Lenoir)
Mian Factory memproduksi berbagai obyek 3D dari cokelat. Jasa lain yang diberikan pabrik yang namanya berarti enak dalam bahasa Perancis ini adalah membuat ukiran cokelat dan macaroon dengan pesan khusus serta logo bagi para klien mereka. (REUTERS/Francois Lenoir)
Jasa logo ini biasanya datang dari pabrik pembuat bir Bertinchamps yang lokasinya berdekatan dengan Mian Factory. Pabrik bir ini ingin hadiah unik bagi para pemenang pemburu telur Paskah. Mereka juga memesan botol bir dari cokelat. (REUTERS/Francois Lenoir)
Gaetan Richard, pendiri Miam Factory menunjukkan bentuk botol bir dari cokelat setelah dicetak di tokonya yang terletak di Gembloux, Belgia. Cokelat bisa langsung dimakan setelah dicetak yang tidak akan meleleh dalam waktu antara 10 menit hingga 3 jam. (REUTERS/Francois Lenoir) 
Proses pembuatan botol cokelat Bertinchamps membutuhkan waktu kurang dari 3 jam dan menggunakan 24.6 meter lempengan cokelat. Sedangkan, untuk logo dari cokelat, posisi harus diatur dengan sangat hati-hati agar tidak cepat meleleh dan berubah bentuk. (REUTERS/Francois Lenoir)
Gaetan Richard poses with the logo of the Miam Factory 3D printing chocolate company after being printed by a specialized 3D machine in Gembloux, Belgium, April 10, 2017. Picture taken April 10, 2017. REUTERS/Francois Lenoir
Mian Factory menerima pesanan dari hotel, pelanggan bisnis dan individual. Harga tergantung pada ukuran, bentuk dan jenis cokelat yang diinginkan pelanggan. (REUTERS/Francois Lenoir)
Sejauh ini pesanan yang paling popular adalah cokelat hitam, tetapi layanan tersedia juga untuk jenis cokelat susu dan putih. (REUTERS/Francois Lenoir)