Rayuan Kuliner Tradisional Jepara, Kota Kelahiran RA Kartini

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Jumat, 21/04/2017 09:20 WIB
Rayuan Kuliner Tradisional Jepara, Kota Kelahiran RA Kartini Ilustrasi: Indonesia menyimpan berbagai kekayaan kuliner (Thinkstock/rikirisnandar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jepara bukan cuma terkenal sebagai kota kelahiran pejuang emansipasi perempuan, RA. Kartini. Sama seperti daerah lain di Indonesia, kota tersebut juga memiliki kekayaan kuliner yang memikat.

Ada berbagai makanan khas dan melegenda di Jepara. Dari camilan, minuman, sampai makanan berat, Jepara punya semua makanan khas yang enak. Bukan cuma itu, Jepara juga punya alternatif lain yang bisa menggantikan nasi sebagai karbohidrat. Sajian yang sudah mulai langka ini dikenal sebagai horok-horok.

Apa saja kuliner tradisional Jepara yang wajib dicoba saat berkunjung ke kota kelahiran RA Kartini ini?


Bongko mento
Sajian ini merupakan salah satu sajian camilan khas Jepara. Dengan bahan dasar ayam dan jamur yang dicincang, bongko mento dibungkus dengan kulit dadar dan dilapisi lagi dengan daun pisang yang aromatik.

Bongko mento sendiri merupakan sajian khas dari keraton Jepara yang gurih.

Pindang serani
Olahan ikan pindang memang tak bisa dilupakan saat berkunjung ke kota kelahiran RA. Kartini ini. Sajian ikan pindang bening dengan ikan laut ini terasa ringan dan segar.

Pindang serani ini berbeda dengan sajian pindang ikan Betawi. Pindang serani Jepara tidak mengandung kecap sehingga memiliki kuah yang bening. Tambahan belimbing wuluh, daun kemangi, tomat, dan juga ikan laut segar.

Adon-adon coro
Adon-adon coro adalah salah satu kuliner Jepara yang banyak diminati. Minuman ini dibuat dari jahe, santan, dan gula merah.

Di dalamnya juga terdapat berbagai rempah lain yang bisa menghangatkan badan seperti lada, kayu manis, cengkih, dan lengkuas.

Minuman berwarna kecokelatan ini lebih nikmat jika disajikan di suhu dingin.

Horok-horok
Horok-horok adalah salah satu kuliner yang sudah mulai langka di Jepara. Horok-horok merupakan sajian berwarna putih yang bentuknya menyerupai kristal. Makanan ini dibuat dari tepung yang diolah dari pohon aren.

Tepung dari pohon aren ini akan dibersihkan kemudian dikukus sampai matang.

Horok-horok biasanya menjadi campuran pengganti karbohidrat saat menyantap aneka makanan lain seperti sate kikil, gulai, sampai pecel. Tesktur kenyalnya juga membuat horok-horok popular sebagai campuran minuman.

Blenyik
Ikan teri yang digoreng garing umumnya tersedia di berbagai kota di Indonesia. Jepara juga punya sajian teri goreng yang dikenal dengan nama blenyik.

Blenyik dibuat dari adonan ikan teri dan telur yang digoreng bersamaan dan dibentuk seperti bakwan. Blentik biasanya disajikan sebagai lauk dan teman makan nasi.