Kartini-kartini Tangguh dari Basarnas

Antara Foto, CNN Indonesia | Jumat, 21/04/2017 12:11 WIB

Surabaya, CNN Indonesia -- Semangat Kartini tak berhenti saat dia meninggal dunia. Kartini masa kini melanjutkan perjuangannya di dunia kerja yang keras untuk menyelamatkan orang lain.

Kartini adalah salah satu sosok pahlawan nasional yang terkenal karena jasanya dalam memperjuangkan hak-hak wanita. Setiap tahunnya pada tanggal 21 April, pemerintah menetapkan tanggal tersebut sebagai peringatan Hari Kartini. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru).
Semangat Kartini tidak berhenti sampai di zamannya. Banyak Kartini muda yang lahir di zaman sekarang, tak terkecuali seorang rescuer perempuan Basarnas bernama Berty Iswandini. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru).
Berty Iswandini tergabung dalam pasukan Basarnas Surabaya. Kesehariannya selain menjadi ibu rumah tangga beliau juga dipercaya menjadi komandan tim Basarnas Surabaya yang kesemua anggotanya adalah laki-laki. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru).
Rescuer perempuan Basarnas Berty Iswandini menuju Kantor SAR Surabaya. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru).
Keseharian sejumlah rescuer perempuan Basarnas saat tidak ada operasi penyelamatan. Mereka juga lihai mengurus keuangan dan tata usaha. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru).
Setiap harinya Berty bersama rekan Basarnas Surabaya lainnya melakukan latihan rutin untuk meningkatkan kemampuan penyelamatan mereka. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru).
Para
Rekan Berty, Putri menambahkan bahwa menjadi beban tersendiri jika tidak menemukan korban dalam sebuah operasi penyelamatan, seperti bekerja namun tidak membuahkan hasil. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru).
Para
(kiri ke kanan) Rescuer perempuan Basarnas Santi Prima, Nanik Tut Sanafi, Berty Iswandini, Heni Setiawati, Imsyah Mashana dan Putri Iriyanti. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru).


ARTIKEL TERKAIT