logo CNN Indonesia

Kartini-kartini Tangguh dari Basarnas

Antara Foto , CNN Indonesia
Jumat, 21/04/2017 12:11 WIB
Artikel belum tersedia
Kartini adalah salah satu sosok pahlawan nasional yang terkenal karena jasanya dalam memperjuangkan hak-hak wanita. Setiap tahunnya pada tanggal 21 April, pemerintah menetapkan tanggal tersebut sebagai peringatan Hari Kartini. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru).
Semangat Kartini tidak berhenti sampai di zamannya. Banyak Kartini muda yang lahir di zaman sekarang, tak terkecuali seorang rescuer perempuan Basarnas bernama Berty Iswandini. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru).
Berty Iswandini tergabung dalam pasukan Basarnas Surabaya. Kesehariannya selain menjadi ibu rumah tangga beliau juga dipercaya menjadi komandan tim Basarnas Surabaya yang kesemua anggotanya adalah laki-laki. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru).
Rescuer perempuan Basarnas Berty Iswandini menuju Kantor SAR Surabaya. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru).
Keseharian sejumlah rescuer perempuan Basarnas saat tidak ada operasi penyelamatan. Mereka juga lihai mengurus keuangan dan tata usaha. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru).
Setiap harinya Berty bersama rekan Basarnas Surabaya lainnya melakukan latihan rutin untuk meningkatkan kemampuan penyelamatan mereka. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru).
Para "Kartini Basarnas" ini rela bertaruh nyawa demi tugas mereka di bidang penyelamatan manusia, walaupun tugas tersebut terkadang mengorbankan waktu mereka bersama keluarga. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru).
"Kadang ketika ikut operasi membuat rindu dengan anak, apalagi kalau tugas di luar kota dan melakukan penyelamatan yang memakan waktu lama," kenang Berty. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru).
Rekan Berty, Putri menambahkan bahwa menjadi beban tersendiri jika tidak menemukan korban dalam sebuah operasi penyelamatan, seperti bekerja namun tidak membuahkan hasil. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru).
Para "Kartini Basarnas" ini merupakan perempuan-perempuan tangguh yang dimiliki Basarnas Surabaya. Mereka berharap di waktu mendatang akan tercipta Kartini-Kartini tangguh lainnya di negeri ini. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru).
(kiri ke kanan) Rescuer perempuan Basarnas Santi Prima, Nanik Tut Sanafi, Berty Iswandini, Heni Setiawati, Imsyah Mashana dan Putri Iriyanti. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru).
0 Komentar
Terpopuler
CNN Video