Hilangkan Sakit Kepala dengan Dua Liter Bir

Gloria Safira Taylor, CNN Indonesia | Selasa, 02/05/2017 14:16 WIB
Hilangkan Sakit Kepala dengan Dua Liter Bir Dua gelas bibir dapat redam rasa pusing (REUTERS/Michaela Rehle)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seseorang tentu pernah mengalami sakit kepala dan merasa seolah seisi ruangan berputar saat sedang bekerja. Tentu saja, setablet aspirin atau obat penghilang rasa sakit bagaikan ide cemerlang untuk menghilangkannya.

Namun, obat penghilang sakit ternyata dapat digantikan dengan minuman beralkohol. Ya, hal tersebut diketahui setelah dilakukan 18 studi oleh University of Greenwich.

Dilansir dari Independent UK, dari penelitian itu diketahui bahwa mengonsumsi dua liter bir dapat mengurangi ketidaknyamanan pada kepala.

Meski terdengar tidak mungkin, para peneliti menilai, kadar alkohol dalam darah akan meningkat sekitar 0,08 persen. Tubuh juga akan seimbang sehingga mengurangi intensitas nyeri sedikit demi sedikit.


"Temuan menunjukkan bahwa alkohol adalah analgesik yang efektif dalam mengurangi tingkat nyeri secara klinis. Hal itu dapat menjelaskan penyalahgunaan alkohol untuk orang-orang yang memiliki rasa sakit terus menerus, terlepas dari konsekuensi kesehatan jangka panjang," ujar salah seorang peneliti.

Meski demikian, para peneliti belum dapat menjelaskan apa faktor alkohol dapat mengurangi rasa sakit tersebut. Menurut mereka, terdapat dua kemungkinan yaitu, kandungan alkohol yang mempengaruhi reseptor otak atau hanya pikiran seseorang yang yang berpikir rasa sakit kepala tidak seburuk yang dibayangkan.

"(Alkohol) dapat dibandingkan dengan obat opioid seperti kodein dan pengaruhnya lebih kuat daripada parasetamol," ujar pimpinan studi, Dr Trevor Thompson kepada The Sun.

"Jika kami dapat membuat obat tanpa efek samping yang berbahaya, maka kami bisa memiliki sesuatu yang berpotensi lebih baik daripada yang ada di luar sana saat ini," tuturnya kemudian.

Meskipun dapat meredakan sakit kepala, peneliti mengatakan, bukan menjadi alasan jika alkohol dikonsumsi secara terus menerus.

Ditambahkan oleh Direktur Alkohol dan Narkoba di Lembaga Kesehatan Masyarakat Inggris, Rosanna O'Connor bahwa, seseorang harus memeriksakan soal gangguan kesehatannya ke dokter umum.

"Minum lebih banyak akan menyebabkan Anda lebih banyak masalah (kesehatan) dalam jangka panjang. Lebih baik melihat GP-mu," ucapnya.

Supaya alkohol berguna untuk kesehatan, pemerintah menyarankan supaya seseorang mengonsumsi tidak lebih dari 14 gelas alkohol dalam seminggu atau setara dengan enam liter bir. Atau, dengan mengonsumsi enam gelas anggur 175 ml dalam satu minggu. Aturan tersebut berlaku untuk perempuan dan laki-laki.