LANCONG SEMALAM

Senopati, Pojok Hura-hura di Selatan Jakarta

Gloria Safira Taylor, CNN Indonesia | Minggu, 07/05/2017 11:59 WIB
Kawasan gaul di selatan Jakarta bukan hanya Blok M atau Kemang. Beberapa tahun belakangan ini, kawasan Senopati juga ramai dikunjungi. Ilustrasi. Berada di tengah tiga kawasan bisnis, kawasan Senopati menawarkan banyak tempat hiburan. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu/nz/14)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kawasan gaul di selatan Jakarta bukan hanya Blok M atau Kemang. Beberapa tahun belakangan ini, kawasan Senopati juga ramai dikunjungi.

Senopati berada dikelilingi tiga kawasan bisnis, yakni Blok M, Sudirman dan Mampang. Banyaknya perkantoran di kawasan tersebut membuat banyak tempat hiburan bermunculan di sepanjang jalan Senopati.

Dari pagi sampai malam, di hari kerja atau hari libur, kendaraan selalu terlihat keluar masuk dari kafe atau bar di sana.


Tak jarang terlihat kawanan ekspatriat, karena yang ditawarkan kawasan ini hampir mirip dengan Kemang.

Bedanya, keberadaan apartemen mewah dan perumahan ‘orang kaya lama’ membuat kawasan Senopati lebih eksklusif.

Senopati tak sulit dijangkau. Dari Terminal Bus Blok M, bisa menumpang Metromini 610, ojek atau taksi.

Tapi tak ada salahnya berjalan kaki, menyusuri jalan Adityawarman dan Wolter Monginsidi yang teduh sebelum sampai ke Senopati.

Walau harus merogoh dompet lebih dalam, namun tak ada salahnya untuk sesekali kongko di sana.

Dari mulai pebisnis sampai selebriti bisa dengan mudah ditemui sedang asyik bersenda gurau di salah satu meja restorannya.

Ada banyak pilihan tempat hiburan di Senopati, berikut ini ialah rekomendasi dari CNNIndonesia.com saat berkeliling di Senopati selama sehari pada pekan kemarin:

10.00 - Sarapan Cantik

Kawasan Senopati baru ramai setelah pukul 9 pagi. Dan syarat untuk memulai hari dengan perasaan yang bahagia adalah dengan makanan yang manis.

Salah satu kafe yang menyediakan menu sarapan manis ialah Colette & Lola. Kafe yang berada di Jalan Senopati Raya ini menyediakan berbagai kue olahan Barat yang sudah diakui kelezatannya oleh banyak orang.

[Gambas:Instagram]

Masuk ke dalam kafe sudah membuat mata segar, selain karena melihat pajangan kue yang cantik juga karena dekorasinya yang imut.

[Gambas:Instagram]

Untuk menu sarapan, CNNIndonesia.com memesan Mixed Macarons seharga Rp72 ribu dengan segelas Cappucino panas.

Ruwetnya lalu lintas menuju Sudirman dan Mampang hampir tak terasa, karena suasana kafe yang nyaman.

12.00 - Makan Siang Puas

Tak terasa CNNIndonesia.com menghabiskan waktu dua jam untuk sarapan sambil menyicil pekerjaan melalui laptop di Collete & Lola.

Memasuki jam makan siang, CNNIndonesia.com lalu beranjak menuju Bale Soto di Jalan Daksa I. Letak restoran ini memang cukup terpencil, namun masih bisa diakses melalui pinggir jalan Senopati dengan berjalan kaki.

Suasana di Bales Soto. (CNN Indonesia/Gloria Safira Taylor)

Masuk ke dalamnya, dekorasi etnik yang berpadu modern langsung menyapa, begitu juga dengan keramahan tiga pelayannya.

Menu favorit restoran ini ialah Soto Wagyu yang seharga Rp48 ribu. Soto ini berkonsep sama seperti soto ayam, namun dengan daging Sapi Wagyu di dalamnya.

Soto Wagyu di Bales Soto. (CNN Indonesia/Gloria Safira Taylor)

Untuk seporsi soto, harganya memang tak murah. Tapi, potongan daging yang besar membuat hati rasanya ikhlas.

Es Krim Hawaii di Bale Soto. (CNN Indonesia/Gloria Safira Taylor)

Usai menyantap Soto Wagyu, CNNIndonesia.com lalu memilih menutup makan siang dengan Es Rumput Laut dan Es Krim Hawaii.

13.30 – Pasar Santa

Beruntung cuaca mendukung di siang itu. Dari Bale Soto, CNNIndonesia.com memilih untuk berjalan kaki ke Pasar Santa.

Ada yang berbeda dari Pasar Santa. Berdiri sejak 1971, awalnya pasar ini merupakan ‘pasar basah’, tempat di mana penjual sayur dan daging berebut pembeli.

Suasana Pasar Santa pada 2014. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)


Sampai pada 2007, banyaknya rumah gedongan di sekitarnya membuat pemerintah menjadikan pasar ini sebagai pasar yang khusus menjual sembako. Namun, pasar malah seakan mati suri. Banyak lapak yang terbengkalai.

Hingga akhirnya pada 2014, Pasar Santa berubah menjadi tempat kongko, karena banyaknya anak muda kreatif yang menyulap lapak kosong menjadi kios penyedia kebutuhan gaya hidup, mulai dari kedai kopi sampai toko vinyl.

Pengunjung di salah satu toko vinyl di Pasar Santa. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)

Antusiasme penduduk Jakarta untuk mengunjungi pasar ini tak lagi membuncah. Kalau biasanya baru menapak tangga baju sudah basah oleh keringat, kali ini rasanya biasa saja.

Tak lagi banyak pengunjung yang terlihat, karena tak banyak pula toko yang masih buka. Penjaga keamanan di sana mengatakan kalau sekarang banyak ‘kios gaul’ yang hanya buka setengah hari.

Foto: CNN Indonesia/Gloria Safira Taylor


Tapi CNNIndonesia.com tetap ingin menyenangkan hati dengan menyantap Es Duren Cendol dari kios Cendol and Duren Bar.

Usai meredakan rasa haus, CNNIndonesia.com lalu berkeliling sekitar pasar. Kios Acraft menarik perhatian, karena menjual pernak-pernik fesyen dan dekorasi rumah bernuansa etnik.

Kios Acraft di Pasar Santa. (CNN Indonesia/Gloria Safira Taylor)

Barang yang dipajang ternyata kreasi sang pemilik, kecuali untuk pakaian jadi.

Pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak. Barang yang dijualnya berkisar antara Rp15 ribu sampai Rp150 ribu saja.

17.00 – Galeri dan Kopi

Dari Pasar Santa, CNNIndonesia.com melanjutkan perjalanan menuju Ruci’s Artspace and Joint, galeri seni sekaligus restoran di Jalan Suryo.

Usai melihat-lihat galeri seni di lantai dua, CNNIndonesia.com duduk santai dalam restoran di lantai satu. Ada banyak gerai makanan di sini, mulai dari menu es krim sampai pasta.

[Gambas:Instagram]

CNNIndonesia.com memilih untuk menyesap Es Kopi Susu Tetangga dari gerai Tuku. Walau sederhana, menu ini ternyata banyak yang suka.

Pusat jajanan kaki lima di Blok S. (CNN Indonesia/Gloria Safira Taylor)

Kalau masih lapar, silakan menyeberang ke Blok S, kawasan yang masih populer sebagai pusat jajanan kaki lima yang sudah ditata oleh pemerintah.

19.00 – Bergaya Barat

Untuk makan malam, CNNIndonesia.com memilih untuk menyantap menu di H Gourmet & Vibes yang berada di Jalan Gunawarman.

Menu ala Amerika tersaji dengan lengkap. Harga yang ditawarkan memang sedikit mahal, namun suasana restoran dan lounge ini menawarkan rasa makanan sekaligus pemandangan yang enak dinikmati.

[Gambas:Instagram]

CNNIndonesia.com memilih Chicken and Waffle seharga Rp80 ribu yang terasa garing dan gurih.

Untuk minum, CNNIndonesia.com memilih Lychee B2B Lemon seharga Rp35 ribu yang terasa menyegarkan.

[Gambas:Instagram]

Selesai santap malam, CNNIndonesia.com memutuskan untuk menutup malam dalam keriaan di H Gourmet & Vibes sambil menyesap JackD Cola dan menyemil Jerk Chicken Sweet Potatoes.

(ard)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK