Mengungkap Pekerjaan Ophthalmologist-nya Ferdinand Monoyer

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Selasa, 09/05/2017 14:35 WIB
Google doodle menghormati ophthalmologist, Ferdinand Monoyer. Tapi, tak banyak yang tahu detail pekerjaannya yang bagan temuannya dipakai hingga kini. Foto: Thinkstock/Makidotvn
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari ini Google menghormati seorang ophthalmologist kenamaan asal Perancis Ferdinand Monoyer. Berkat dia, ilmu kedokteran mata punya metode untuk mengetahui kemampuan penglihatan seseorang tanpa bantuan kacamata. Hebatnya, metode ini hingga kini masih dipakai.

Pada Google Doodle hari ini terdapat gambar kotak berisi huruf-huruf. Ini adalah bagan Monoyer. Lewat bagan ini, seorang ophthalmologist bisa menentukan kejelasan penghilatan seseorang.

Lalu, apa itu ophthalmologist? Apa ia yang biasa ditemui di optik-optik dan mengecek apa mata seseorang minus, plus atau silinder?


Dilansir dari American Association for Pediatric Ophthalmology and Strabismus (AAPOS), ophthalmologist adalah dokter spesialis mata dan penglihatan. Seorang ophthalmologist mendiagnosis dan mengobati semua penyakit mata, melakukan operasi mata, dan menentukan kacamata atau kontak lensa yang pas untuk mengoreksi masalah mata.

Ketika seorang ophthalmologist mengambil studi lanjut untuk area yang lebih spesifik, maka ia disebut subspecialist. Subspecialist biasanya menjalani studi selama 2 tahun dengan mengambil spesialisasi pada misalnya glukoma, retina, kornea, neurologi, dan operasi plastik.

Tak hanya ophthalmologist, dalam dunia pelayanan kesehatan mata, dikenal pula optometrist dan optician. Optometrist adalah seorang profesional yang menyediakan layanan kesehatan mata dari tes penglihatan dan koreksi hingga diagnosis, pengobatan dan manajemen perubahan penghilatan. Ia bukan dokter medis.

Tidak seperti dokter spesialis mata, seorang optometrist mengalami 4 tahun studi optometri dan duduk di bangku perkuliahan selama 3 tahun atau lebih. Ia berlisensi untuk melakukan pengujian mata dan tes penghilatan, menentukan lensa, mendeteksi ketidaknormalan mata, dan menentukan pengobatan untuk penyakit mata tertentu.

Sedangkan optician adalah seorang teknisi yang terlatih untuk merancang, melakukan verifikasi lensa kacamata dan bingkai, lensa kontak yang sesuai dan perangkat lain untuk mengoreksi penglihatan. Mereka menggunakan resep dari ophthalmologist atau optometrist. Optician tidak diperkenankan untuk melakukan diagnosa atau pengobatan terhadap penyakit mata. (SYS)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK