Ramainya Seteru Diskriminasi Rumah Mode dan Seleb Hollywood

Syanne Susita, CNN Indonesia | Senin, 15/05/2017 17:52 WIB
Ramainya Seteru Diskriminasi Rumah Mode dan Seleb Hollywood Chanel minta maaf secara resmi setelah melakukan diskriminasi terhadap aktris Gabourey Sidibe (Dok. Chanel via Facebook)
Jakarta, CNN Indonesia -- Terkenal tidak menjamin selebriti mendapat perlakuan istimewa. Baru-baru ini, aktris Gabourey Sidibe menuliskan pengalamannya didiskriminasi oleh rumah mode Chanel dalam sebuah esai.

Gara-gara esai ini, juru bicara Chanel pun mengeluarkan pernyataan maaf resmi kepada salah satu pemeran serial Empire ini.

Sidibe diminta ‘secara halus’ untuk meninggalkan toko Chanel yang ia kunjungi di Chicago. Ia mengunjungi toko tersebut untuk mencari kacamata, tetapi ternyata barang ia inginkan tidak ada.

“Petugas toko langsung memutuskan setelah melihat saya dan menganggap saya datang ke toko itu tidak menghabiskan uang. Padahal, saya membawa tas Chanel. Ia memutuskan saya bukan pelanggan Chanel sehingga ia tidak mau menghabiskan waktu dan energi,” tulis Sidibe.


Yang lebih menyedihkan, Sidibe mengatakan jika ia terbiasa diperlakukan seperti itu. Perlakukan diskriminasi karena warna kulit sering ia terima saat tinggal di New York.

Perlakukan diskriminasi ini sebenarnya tidak hanya dialami Sibide.

Karl Lagerfeld 'Nyinyir'
Karl Lagerfeld dikenal sebagai perancang yang paling ‘nyinyir.’ Baru-baru ini, ia mencela Meryl Streep karena telah menolak menggunakan rancangannya.

“Aktris jenius tapi sangat murah ya,” komentar perancang asal Jerman itu.

Sebelumnya, ia juga mengomentari Adele yang ia sebut sebagai ‘penyanyi dengan wajah cantik, suara indah tetapi agak sedikit gemuk.’

Komentarnya membuat Madonna geram dan kembali mengkritik Karl yang akhirnya minta maaf melalui Metro UK.

“Saya ingin katakan pada Adele jika saya adalah penggemar terbesar kamu. Kadang ketika orang hanya mencomot satu bagian dari artikel, artinya bisa berubah dari maksud sebenarnya,” ujar Karl.

Nicki Minaj balas lewat Twitter
Jika Sidibe menyindir dengan halus perlakuan diskriminasi, berbeda dengan Nick Minaj. Ia terang-terangan mengomeli desainer Giuseppe Zanotti karena tidak menghargai idenya.

Rupanya, ia telah bersepakat dengan sang perancang untuk menciptakan satu koleksi baru.

Namun, ide sepatunya kemudian keluar dengan menggunakan artis lain. Saat ia mencoba untuk mengklarifikasi, sang perancang tidak mau menjawab teleponnya.

“Saya punya waktu sekarang. Ia akan menerima pelajaran hari ini. Rasisme dan tidak hormat adalah dua hal yang tidak dapat ditoleransi," tulis Minaj lewat akun Twitter-nya.