Lupakan Bunga, Kini Berikanlah Donat Mawar Untuk Pasangan

Ferdy Thaeras, CNN Indonesia | Rabu, 17/05/2017 17:45 WIB
Lupakan Bunga, Kini Berikanlah Donat Mawar Untuk Pasangan Foto: Screenshoot via Instagram/@food52
Jakarta, CNN Indonesia -- Kebiasaan memberikan bunga mawar atau buket bunga lainnya sebagai wujud cinta atau kasih sayang memang populer. Namun lupakanlah sejenak hal tersebut dan kini berikanlah donat bentuk mawar untuk pasangan atau orang yang dikasihi.
 
Selain terlihat manis, tren kuliner terbaru ini juga nikmat dimakan maupun dipandang. Sebuah perpaduan antara memberikan bunga sekaligus sesuatu yang bisa menyenangkan perasaan dan mengenyangkan perut.

Sebuah toko donat di New York bernama Doughnut Plant mempopulerkan produknya yang berbasis utama sajian kuliner khas Amerika, donat dengan bentuk-bentuk yang terinspirasi dari tanaman. Salah satunya yang paling populer adalah donat berbentuk sekuntum bunga mawar, seperti yang dilansir oleh Metro.

[Gambas:Instagram]


Sejatinya, donat memang mengandung karbohidrat yang tinggi, terlebih jika ditaburi topping yang serba manis seperti gula cair yang kemudian mengeras (glaze), cokelat parut, selai hingga buah-buahan. Dengan hadirnya produk terbaru ini, diharapkan makan donat tak lagi mencerminkan orang dengan karakter rakus yang tak peduli kesehatan, melainkan elegan.

Para pencipta donat bentuk bunga ini memang patut diacungi jempol, karena setelah revolusi bentuk donat menjadi cronuts, dijamin para pengusaha kuliner di seluruh dunia akan meniru temuan yang satu ini. Jadi sebelum Anda menemukannya di mal dekat rumah, sekarang sudah tahu siapa perusahaan yang pertama kali menciptakannya.

[Gambas:Instagram]

The Doughnut Plant menyebut produk ciptaan mereka sebagai Doughflowers dan pertama kali diluncurkan dalam tiga rasa, strawberry, blood orange dan mawar. Cara membuatnya memang memerlukan waktu lebih banyak dari donat biasa, yakni lempengan adonan satu persatu ditempelkan dan ditumpuk serupa kelopak mawar.

Setelah itu, barulah adonan yang sudah dibentuk dipanggang dan setelah mengembang dan siap dimakan, ditaburi topping gula agar terlihat lebih berkilau dan menggugah selera. Untuk penambahan rasa diproses dari lumuran gula yang sudah dicampur bahan-bahan pembeda rasa hingga warna.

Untuk rasa strawberry, dibuat dari pencampuran berbagai macam jenis berry dan warnanya didominasi warna pink kemerahan. Untuk rasa mawar, campuran gula diberikan perasa air mawar dan untuk Blood Orange, seperti yang bisa dibayangkan, ada sentuhan keasaman kulit jeruk yang menyegarkan.

[Gambas:Instagram]

Untuk saat ini, Doughflowers hanya bisa didapatkan di kota New York, Amerika saja. Tepatnya di Lower East Side dan Chelsea di Manhattan, Long Island, Queens hingga Prospect Heights, Brooklyn. Jadi jadwalkan tujuan Anda berwisata kuliner di tempat ini saat menyambangi ‘kota yang tak pernah tidur’ tersebut.

Satu buah donat dijual seharga $5 atau sekitar Rp66 ribu. Sebuah harga yang cukup fantastis untuk sepotong donat. Jika masih masih penasaran akan varian produk lainnya, toko ini juga menampilkan beberapa produk lainnya di akun Instagram, tapi memang donat mawar satu-satunya yang paling mencuri perhatian.