logo CNN Indonesia

Kala Kuliner Indonesia Menggoda Eropa

CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti & CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti & CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti , CNN Indonesia
Sabtu, 20/05/2017 11:10 WIB
Artikel belum tersedia
Setelah rendang diakui jadi salah satu makanan terenak di dunia, kini saatnya makanan Indonesia lainnya mulai dikenal dan mendunia. (CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti).
Di Eropa, makanan Indonesia diperkenalkan melalui ajang Indonesian Food Tour 2017. Ajang ini merupakan rangkaian acara promosi makanan Indonesia di benua biru, Eropa. (CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti).
Indonesian Food Tour 2017 (IFT) digelar di lima kota di Eropa yaitu Barcelona, Bratislava, Praha, Brussel, dan Rotterdam. Dalam ajang ini, IFT tak cuma menghadirkan berbagai makanan Indonesia, tapi juga memperkenalkan bumbu dasar kuliner Indonesia. (CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti).
Untuk memperkenalkan kuliner Indonesia, IFT menggandeng chef Renatta Moeloek dan Maxie Millian. Mereka juga bekerjasama dengan chef-chef Indonesia yang berdomisili di kota-kota tersebut seperti Ari Munandar, Andy Tan, dan Yudi Yahya. (CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti).
Promosi kuliner Indonesia ini dilakukan di beberapa restoran dan hotel di masing-masing kota. Kedua chef menjamu tamu restoran dengan berbagai makanan Indonesia andalannya. (CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti).
Renatta Moeloek dan Maxie Millian menghadirkan berbagai kreasi makanan Indonesia seperti rawon, opor ayam, martabe, sate padang, tuna naniura, sampai asinan Bogor. (CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti).
Makanan Indonesia yang disajikan Renatta dan Maxi memang terkesan makanan tradisional. Namun mereka menyajikannya dengan cara yang berbeda dan berkonsep fine dining. (CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti).
Di Barcelona, tepatnya di Gran Hotel La Florida, Renatta dan Maxie berkolaborasi dengan chef Ivan Tarrago untuk menghadirkan kombinasi cita rasa katalunia dengan Indonesia yang unik. (CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti).
Sentuhan fine dining Renatta dan Maxie dituangkan lewat presentasi dan olahan yang tak biasa. Opor ayam disajikan dengan 'busa' areh, dan sate padang yang disajikan dengan gaya steak tanpa tusuk sate. (CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti).
Meski awalnya terkesan takut dengan 'stigma' pedas yang dimiliki makanan Indonesia, kenyataannya, semua warga Eropa mengakui kenikmatan rasa dan keautentikan kuliner Indonesia. (CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti).
Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Kuliner Indonesia Guncang Eropa
0 Komentar
Terpopuler
CNN Video