Tips Berwisata Demi Mengobati Patah Hati

Ardita Mustafa, CNN Indonesia | Senin, 22/05/2017 13:35 WIB
Tips Berwisata Demi Mengobati Patah Hati Ilustrasi. (adamkontor/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Akhir pekan kemarin, Indonesia digemparkan oleh berita pertunangan antara penyanyi Raisa dan aktor Hamish yang dilaksanakan pada Minggu (21/5). Banyak penggemar dari kedua belah pihak yang patah hati, sehingga hari pertunangan mereka ditasbihkan dalam guyonan bertagar #HariPatahHatiNasional di media sosial.

Semua orang pasti pernah merasakan patah hati. Tapi, ada banyak cara untuk mengatasinya, salah satunya dengan berwisata.

Berikut ini ialah tips berwisata bagi yang sedang patah hati:


1. Pilih Tempat Menjelajah Baru

Jika sedang patah hati, ada baiknya untuk berwisata ke tempat yang bisa dijelajahi, sehingga pikiran Anda akan sibuk dengan hal baru.

Jangan pilih tempat wisata yang pernah didatangi bersama pasangan, karena hal itu hanya akan membuat patah hati tak kunjung pulih.

Mengelilingi perkotaan di Jepang, menyusuri pedesaan di Bali atau mendaki pegunungan di Nepal bisa dijadikan pilihan. Tak perlu mewah, yang penting Anda dikelilingi oleh warga lokal yang ramah.

Bersepeda di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. (CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari)

2. Pergi Seorang Diri

Jika biasanya bersama pasangan, kali ini jangan takut untuk pergi berwisata seorang diri. Karena sudah ada penelitian yang menyebutkan bahwa dengan pergi berwisata seorang diri, seseorang akan lebih mengenal dirinya sendiri.

Kalau urusannya patah hati, mungkin selama perjalanan Anda bisa mengevaluasi kekurangan dan kelebihan diri saat masih berpasangan. 

Hindari pula mengajak teman, karena teman yang diajak pasti akan merasa bosan mendengar keluhan orang yang sedang patah hati.

Gunakan jasa agen open trip kalau tidak ingin repot menyusul jadwal selama berwisata.

Open trip bisa menjadi solusi bagi yang patah hati. (CNN Indonesia/Martahan Sohuturon)

3. Berkenalan dengan Banyak Orang

Ada banyak aplikasi pencari teman yang bisa diandalkan selama berwisata. Silakan dicoba, hanya saja Anda harus tetap waspada jika ada oknum yang berniat melakukan kejahatan, seperti penipuan atau pelecehan seksual.

Selain dari dunia maya, bertemu dengan orang baru juga bisa dilakukan di dunia nyata, seperti di museum, taman, kedai kopi atau kelab malam.

Jika pilihannya kelab malam, pilihlah tempat duduk di bar dan bersiaplah disapa oleh banyak orang dengan berbagai kepribadian yang menarik.

Rooftop bar dengan suasana santai bisa dijadikan pilihan. (CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti)

4. Jangan Terbawa Perasaan

Kalau sudah bertemu dengan orang baru, jangan langsung terbawa perasaan. Sadarilah bahwa perasaan tersebut mungkin hanya dirasakan selama berwisata.

Patah hati memang bisa sembuh dengan kehadiran orang baru, tapi kegembiraan dalam hidup tidak ditentukan oleh keberadaan orang lain. Jadi, lebih baik memperbanyak teman daripada sibuk mencari pengganti pasangan.

Sebelum membina hubungan dengan orang baru yang ditemui saat berwisata, yakinkan bahwa hati Anda memang telah siap untuk segala kemungkinan terburuk, salah satunya ialah kembali patah hati saat harus berpisah di bandara.

Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki)

5. Dokumentasi Perjalanan

Selama perjalan wisata, jangan lupa untuk mendokumentasikan segala suasana, dalam bentuk foto, video atau tulisan.

Hal itu patut dicoba agar perjalanan wisata patah hati bisa diingat kemudian hari.

Selain dapat menjadi penyaluran kesedihan, dokumentasi perjalanan wisata juga bisa jadi pengingat betapa konyolnya Anda saat sedang patah hati.