Singapura Surga Belanja Pertama Turis Asing, Bali Nomor Enam

Gentur Putro Jati, CNN Indonesia | Senin, 22/05/2017 17:25 WIB
Singapura Surga Belanja Pertama Turis Asing, Bali Nomor Enam Bali hanya mampu menyedot duit turis asing US$8,7 miliar, sementara Singapura berhasil mengorek dompet turis sebanyak US$15,4 miliar sepanjang tahun lalu. (REUTERS/Edgar Su)
Jakarta, CNN Indonesia -- Asia Pacific Destinations Index 2017 alias Indeks Destinasi Asia Pasifik yang dirilis prinsipal kartu kredit Mastercard mencatat dua kenyataan pahit bagi Indonesia.

Selain menobatkan Bangkok, Thailand sebagai kota yang paling banyak dikunjungi turis asing, Mastercard juga mencantumkan Singapura sebagai negara surga belanja pertama di Asia Pasifik dengan total pengeluaran turis asing sebesar US$15,4 miliar sepanjang tahun lalu.

Sementara Bali hanya menempati posisi nomor enam dengan nilai belanja US$8,7 miliar. Padahal tahun lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2016 yang memberi kebebasan bagi warga dari 169 negara masuk ke Indonesia tanpa visa, dengan tujuan meningkatkan jumlah turis asing.


Dikutip dari survei yang dibuatnya, Mastercard menyebut duit turis asing yang berhasil disedot pusat-pusat perbelanjaan di Singapura meningkat 18 persen.

"Singapura berhasil menarik wisatawan dengan pengeluaran tertinggi yaitu sebesar US$254 per hari, diikuti dengan Beijing sebesar US$242, Shanghai sebesar US$234, Hong Kong US$211 dan Taipei sebanyak US$208 per hari," ujar Mastercard, dikutip Senin (22/5).

Secara keseluruhan, jumlah belanja turis asing ketika berlibur ke kawasan Asia Pasifik naik hampir dua kali lipat. Hal tersebut didorong oleh peningkatan jumlah kelas menengah di dunia.

Mastercard mencatat, total pengeluaran wisatawan di wilayah ini meningkat dari US$141,5 miliar pada 2009 menjadi US$244,9 miliar di 2016.

"Sebagai negara yang terkenal sebagai tempat belanja dan makan global, Singapura merupakan negara paling populer di kalangan wisatawan China dan Korea Selatan kelas atas yang mencari pengalaman berbelanja dan kuliner baru," jelas riset tersebut.

Berikut adalah 10 besar destinasi wisata di Asia Pasifik diurutkan berdasarkan jumlah pengeluaran wisatawan yang mengunjunginya:
1. Singapura – US$15,4 miliar
2. Bangkok, Thailand – US$12,7 miliar
3. Tokyo, Jepang – US$11,1 miliar
4. Taipei, Taiwan – US$9,9 miliar
5. Seoul, Korea Selatan – US$9,4 miliar
6. Bali, Indonesia – US$8,7 miliar
7. Phuket, Thailand – US$8,3 miliar
8. Kuala Lumpur – US$7,3 miliar
9. Sydney, Australia – US$6,8 miliar
10. Hong Kong, China – US$6,6 miliar

"Sebagai bagian dari komitmen Mastercard untuk mendukung industri pariwisata Asia Pasifik, indeks yang kami buat menganalisa perjalanan wisata di 171 destinasi Asia Pasifik. Sehingga bisa membantu pelaku industri pariwisata, pemerintah, dan para pemangku kepentingan untuk semakin memahami dan memenuhi permintaan wisatawan," bunyi riset Mastercard.


ARTIKEL TERKAIT