Yang Bisa Dilakukan di Manchester Selain Nonton Konser

Gentur Putro Jati, CNN Indonesia | Selasa, 23/05/2017 16:01 WIB
Yang Bisa Dilakukan di Manchester Selain Nonton Konser Manchester terkenal sebagai kampung halaman band besar seperti Oasis, New Order, Take That. Namun kota itu memiliki objek wisata menarik di luar musik. (REUTERS/Darren Staples)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manchester Arena, lokasi konser Ariana Grande yang menjadi target serangan bom tadi malam masih memiliki 47 jadwal kegiatan yang siap digelar sampai awal 2018 mendatang.

Beberapa diantaranya adalah konser grup rock legendaris Kiss pada 30 Mei, konser Celine Dion pada 25 Juni, konser Radiohead, Linkin Park, Blink-182 pada 4 sampai 14 Juli, konser John Legend pada 16 September, konser Lady Gaga di 17 Oktober, serta beberapa kegiatan olah raga lainnya.

Namun, serangan bom tadi malam tentu akan mengganggu seluruh jadwal konser yang sudah ditetapkan tersebut. SMG Europe sebagai pengelola Manchester Arena belum mengerluarkan pernyataan resmi atas jadi atau tidaknya jadwal kegiatan yang sudah disusun di stadion tertutup miliknya.


Sebagai kota pusat bisnis dan budaya, Manchester tentu bukan sekadar musik semata. Meskipun kota itu terkenal sebagai kampung halaman beberapa band besar dari Inggris seperti Take That, Oasis, New Order, The Charlatans, The Verve, sampai Simply Red.

Namun, kota yang dihuni 3 juta warga negara Inggris itu juga tersohor sebagai pusat seni, media, pendidikan, dan olah raga.

Oleh karena itu, dari pada meratapi kemungkinan konser musik yang digelar di Manchester Arena dibatalkan, ada baiknya wisatawan mengunjungi lima tempat ini selama berlibur di Manchester.

1. Museum Ilmu Pengetahuan dan Industri

The Museum of Science and Industry (MOSI) bertempat di stasiun kereta tertua di dunia. Sebanyak 12 galeri yang ada di dalamnya menyimpan beberapa benda yang menjadi sejarah revolusi industri di Inggris, seperti mesin tekstil bertenaga air dan uap air.

Museum tersebut juga masih menyimpan mobil pertama yang berhasil diproduksi oleh pabrik di Manchester, salah satunya adalah Rolls Royce buatan tahun 1904.

5 Hal yang Bisa Dilakukan di Manchester Selain Nonton KonserMuseum industri di kota Manchester menyimpan koleksi mobil pertama yang berhasil diproduksi pabrik di kota tersebut, Rolls Royce 1904. (moleshko/Pixabay)


Sementara di galeri Udara dan Ruang Angkasa, para pengunjung bisa menyaksikan Triplane 1 buatan A.V. Roe, pesawat buatan Inggris pertama yang berhasil diterbangkan.

2. Museum Sepak Bola Nasional

Manchester merupakan kandang dari dua klub raksasa liga Inggris yaitu Manchester United dan Manchester City. Tidak heran jika di kota tersebut berdiri dua stadion megah bernama Old Trafford sebagai kandang United dan Etihad Stadium, tempat pemain City menjamu tim dari kota lain.

5 Hal yang Bisa Dilakukan di Manchester Selain Nonton KonserManchester merupakan kandang dari dua klub besar Liga Inggris, United dan City. (REUTERS/Jason Cairnduff)


Namun di Manchester juga berdiri National Football Museum yang menyimpan benda bersejarah sepak bola yang diketahui lahir dari tanah Inggris. Diantaranya adalah buku peraturan sepak bola pertama, piala, serta jersey bersejarah.

Museum tersebut juga menyimpan dokumentasi pertandingan sepak bola bersejarah tim nasional maupun klub-klub di liga Inggris.

3. Kota China

Masyarakat China telah merantau sampai ke Inggris sejak berabad-abad lalu. Salah satu kota yang paling banyak komunitas etnis China-nya adalah Manchester.

5 Hal yang Bisa Dilakukan di Manchester Selain Nonton KonserIlustrasi China Town di Manchester. (REUTERS/Tyrone Siu)


Maka tidak heran jika di kota tersebut berdiri China Town Manchester, yang berlokasi hanya selemparan batu dari Manchester Art Gallery. Di Kota China ini, para wisatawan bisa menikmati masakan khas Hong Kong dan Beijing serta beragam kerajinan tangan dan karya seni dari tanah leluhur para pedagang yang tinggal didalamnya.

4. Galeri Kostum Platt Hall

Platt Hall merupakan rumah kediaman bangsawan Inggris bergaya Georgia yang dibangun pada 1764 silam. Kini, Platt Hall menjadi bagian dari Manchester Art Gallery yang menyimpan busana kaum bangsawan Inggris sejak tahun 1600-an.

5. Universitas Manchester

Manchester memiliki Universitas terkemuka yang berdiri sejak 1851 silam. Setidaknya tiga orang akademisi kampus tersebut berhasil meraih penghargaan Nobel, yaitu Ernest Rutherford yang menemukan landasan dari hukum fisika atom; James Chadwick yang pada 1932 berhasil membuktikan adanya neutron, dan Sir John Cockcroft ahli fisika keturunan Inggris-Kanada yang menemukan banyak teori atom.

Tidak heran jika kemudian banyak warga dunia yang ingin mencicipi bangku kuliah di Universitas Manchester.