Mengungkap Makna di Balik Tepis Tangan Melania Trump

Syanne Susita, CNN Indonesia | Kamis, 25/05/2017 11:21 WIB
Mengungkap Makna di Balik Tepis Tangan Melania Trump Respon spontan Melania Trump bukan indikasi tidak harmonis rumah tangganya. (REUTERS/Alessandro Bianchi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dalam lawatan kenegaraan pertama Presiden Donald Trump, sorotan netizen justru tertuju pada perilaku dan bahasa tubuh Ibu Negara Melania Trump terhadap suaminya.

Dua hari berturut-turut, Melania terlihat menepis tangan Donald Trump di bandara Ben Gurion, Tel Aviv atau menolak ‘bantuan’ saat turun tangga pesawat begitu tiba di Roma.

Kedua video 'jutek' Melania Trump ini pun menjadi viral dan banyak meme bermunculan di internet.

Reaksi spontan Melania Trump menepis tangan suami ini pun diterjemahkan netizen sebagai kemungkinan hubungan yang tidak harmonis di antara Melania dan suaminya, Donald Trump. Konotasinya pun menjadi negatif.


“Saat seseorang mengajak lawannya untuk menggandeng tangan, itu kan artinya meminta. Ia membuka diri. Tetapi, ketika pasangannya yang ingin digandeng, menepis. Itu kan artinya lawannya menolak dan menjadi pihak yang menutup diri,” terang psikolog Valentina Maria saat dihubungi CNNIndonesia melalui telepon (25/5).

Jadi, jika hal itu diartikan sebagai hal yang negatif , Valentina menambahkan sebenarnya itu adalah hal yang wajar.

“Ya, itu kan sama saja kalau kita berinteraksi dengan orang yang tidak mau, reaksinya juga kan seperti itu. Respon menolak bisa dilihat dari bahasa tubuhnya yang mengangkat telapak tangan ke arah lawan, melipat tangan di dada, atau menggelengkan kepala.”

Apalagi, jangan dilupakan juga jika orang memiliki yang namanya reflek dimana orang akan beraksi secara spontan. Selain itu, ada kemungkinan efek kondisi kelelahan yang dialami Melania selama menjalani kunjungan kenegaraan itu yang menyebabkan ia secara reflek menepis tangan Donald Trump.

Itu sebabnya Valentina menganggap warga netizen terlalu ‘baper’ jika sampai berkesimpulan hubungan suami istri Melania dan Donald Trump tidak harmonis.

“Terlepas ada atau tidak konflik dalam rumah tangga, ya, tidak secepat itu disimpulkan. Tidak sesederhana apa yang terlihat kasat mata. Perlu digali alasannya.”