Pesta Kesenian Bali 2017 Tarik Wisatawan dengan Atraksi Baru

advertorial, CNN Indonesia | Jumat, 26/05/2017 14:04 WIB
Pesta Kesenian Bali 2017 Tarik Wisatawan dengan Atraksi Baru
Bali, CNN Indonesia -- Dipastikan 500 seniman asal Kabupaten Badung, Bali akan memeriahkan Pesta Kesenian Bali 2017 (PKB). Menariknya di tahun ini, PKB 2017 akan menampilkan salah satu atraksi baru yakni tarian surfing.

Kepala Dinas Pariwisata Bali AA Gede Yuniartha Putra mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung, Ida Bagus Anom Bhasma untuk mempersiapkan ajang PKB 2017.

AA Gede Yuniartha Putra yang akrab disapa Agung menambahkan, Badung akan menebarkan pesona dengan menggelar kesenian pertama, yakni tarian surfing dari Desa Legian.


"Kami tentu berharap ini mampu memukau pengunjung dan wisatawan yang hadir dalam acara PKB yang berlangsung di Taman Budaya Denpasar. Ini adalah kesenian spesial yang berkaitan dengan air yang akan ditampilkan dalam pawai pembukaan," ujarnya.

Ada juga atraksi mekotek yang telah menjadi ciri khas Desa Munggu. Mekotek juga merupakan tradisi tolak bala yang dilaksanakan setiap enam bulan sekali pada Sabtu Kliwon Kuningan, tepat di Hari Raya Kuningan.

Agung berharap, seluruh seniman dapat memberikan hasil terbaik dengan memberikan penampilan yang maksimal.

"Kami memberikan apresiasi kepada semua seniman yang akan tampil di ajang PKB, semoga memberikan yang maksimal dan menujukan kreativitasnya," katanya.

Rencananya, PKB 2017 akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo bersama dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Selain itu, PKB 2017 akan diikuti sembilan kabupaten kota se-Bali serta daerah sekitarnya, seperti Banyuwangi dan Nusa Tenggara Timur.

Bali telah menjadi  pintu masuk wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia yang paling strategis. Sedikitnya 40% dari seluruh wisman masuk via Bali, 30% via Jakarta, dan 20% via Kepulauan Riau.

Maka Agung dan pihaknya akan menghadirkan banyak kegiatan di PKB 2017 demi menarik minat wisman maupun wisatawan nusantara (wisnus).

Selain itu, PKB 2017 juga diselenggarakan sebagai usaha menjaga peradaban Bali. Segala warisan budaya ditampilkan di acara ini sebagai wadah penggalian, pelestarian, dan pengembangan seni budaya Bali.

"Kekuatan Bali sebagai destinasi wisata adalah budaya. Kalau tidak dipertahankan, dikembangkan, dilestarikan, ini akan bahaya buat masa depan Bali. Kami ingin para pelaku seni yang ada di Bali selalu berinovasi dan selalu memberikan kreativitas-kreativitas terbaik yang mereka miliki," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya. 

PKB akan diselenggarakan selama sebulan penuh dari 10 Juni hingga 8 Juli 2017. Acara ini merupakan pesta kesenian terbesar dan paling konsisten di Bali.

Pengunjung juga dapat menyaksikan teater Bali modern, festival kuliner khas daerah maupun makanan ringan, pertunjukan musik, hingga tari-tarian kontemporer di PKB 2017.