Tips Menjaga Kebersihan Selama Menstruasi

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Selasa, 30/05/2017 08:33 WIB
Tips Menjaga Kebersihan Selama Menstruasi Tidak hanya rutin mengganti pembalut tiga sampai lima kali sehari, wanita yang menstruasi dianjurkan juga membersihkan organ intim sebelum ganti pembalut. (Foto: Thinkstock/9nong)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setiap wanita pasti mengalami masa menstruasi di mana terjadi pengeluaran darah, mukus (lendir) dan selular debris dari uterus dalam periode tertentu.

Selama masa menstruasi tersebut mungkin segala sesuatu terasa tidak nyaman. Badan terasa pegal, cepat lelah dan kadang jadi lebih sensitif daripada biasanya. Hal-hal tersebut membuat wanita kurang memperhatikan kebersihan selama masa haid.

Pada 28 Mei lalu, dunia memperingati Hari Kebersihan Mentruasi. Selama masa haid, perlu ada perhatian ekstra untuk menjaga kebersihan organ intim dan juga kebersihan tubuh. Dikutip dari berbagai sumber, berikut tips menjaga kebersihan selama masa haid.



Ganti Pembalut 3-5 Kali Sehari

Kesibukan atau kegiatan yang padat, kadang membuat wanita lupa mengganti pembalut. Padahal, menurut dokter spesialis kandungan, Muhammad Dwi Priangga, pembalut yang tidak diganti terlalu lama bisa mengakibatkan vagina menjadi lembab, terjadi infeksi jamur, serta perubahan bakteri. Bakteri yang tadinya bakteri baik berubah menjadi bakteri jahat dan beresiko naik ke area rahim atau indung telur.

"Ganti pembalut ketika pembalut sudah terasa tidak nyaman, agak basah. Normalnya, 3-5 kali ganti pembalut dalam sehari," tutur dokter Angga saat ditemui di Jakarta (25/4).

Bersihkan Organ Intim Sebelum Ganti Pembalut

Sebelum menggunakan pembalut baru, terlebih dahulu bersihkan vagina. Namun, tak disarankan menggunakan sabun pembersih vagina. Sabun pembersih vagina bisa beresiko membunuh bakteri baik pada vagina. Cukup basuh dengan air bersih. Bersihkan pula area sekitar vagina yang terkena darah haid. Selain menjaga kebersihan, hal ini juga bertujuan untuk mengurangi bau tak sedap.

Cuci Tangan

Jangan lupa mencuci tangan setelah membuang pembalut dan sebelum memakai pembalut baru.


Mandi

Saat haid, mungkin tubuh terasa malas bersentuhan dengan air. Bergerak saja malas karena perut terasa sakit apalagi mandi. Padahal, saat haid tubuh memproduksi lebih banyak hormon estrogen. Hormon inilah yang bertanggung jawab pada banyaknya produksi keringat dan minyak di tubuh.

Tak heran saat haid, tubuh punya aroma tak sedap dan keringat lebih banyak. Oleh karena itu, mandi sangat penting untuk menjaga kebersihan tubuh. Jangan lupa pakai deodoran setiap kali habis mandi, agar tubuh tetap wangi walau keringat berlebih. Atau bisa juga memakai antiperspirant untuk menghambat produksi keringat.

Rutin Mengganti Celana Dalam

Selain rutin mengganti pembalut, penting juga untuk rutin mengganti celana dalam. Celana dalam yang bersih menghindari resiko rasa tidak nyaman di sekitar area organ intim. Pilih celana dalam dari bahan katun. Selain pakaian dalam, perhatikan pula pakaian luar. Pilih yang agak longgar agar area organ intim bisa bernapas.