Minuman Segar yang Paling Ditunggu Saat Berbuka Puasa

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Sabtu, 03/06/2017 14:19 WIB
Minuman Segar yang Paling Ditunggu Saat Berbuka Puasa Di antara semua jenis es 'buah' yang ada, es kelapa menjadi favorit banyak orang untuk berbuka puasa. ( Gadini/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah seharian berpuasa, segelas es yang menyegarkan pasti bisa menghilangkan semua rasa haus. Di bulan puasa, para penjaja takjil biasanya mengolah beragam jenis buah dan agar untuk disajikan sebagai es segar.

Es campur, es cendol, es cincau, sampai es kelapa pun laris diborong pembeli. Tak heran kalau banyak orang yang tergiur untuk jadi penjaja es buka puasa dadakan.


Hanya saja, bukan cuma es-es itu saja yang laris di pasaran. Ada beberapa jenis olahan es buah yang hanya bisa Anda temui saat bulan puasa, yaitu es timun suri dan juga es blewah.


Kedua varian es ini bisa dianggap sebagai es spesial Ramadan. Meski jadi es yang istimewa, namun kenyataannya tak semua orang Indonesia ternyata memfavoritkan es ini untuk sajian berbuka puasa.

Berdasarkan polling yang dilakukan CNNIndonesia.com, es kelapa masih jadi es 'buah' terfavorit untuk berbuka puasa. Es kelapa ini menjadi pilihan 56 persen responden.


Tak dimungkiri, kesegaran air kelapa yang berpadu dengan lembutnya daging kelapa memang bisa menghilangkan dahaga dengan seketika. Selain itu, air kelapa juga dianggap mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang saat berpuasa.

Sedangkan rasa manis dalam es kelapa yang dihadirkan oleh gula merah atau gula putih ini akan membantu mengembalikan kadar gula darah ke tingkat normal.

Pilihan es favorit ke-dua ditempati oleh es blewah. Es yang terbuat dari daging buah blewah ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis.

Blewah dengan daging buah yang mirip melon ini bisa diserut atau dikerok dengan sendok. Setelahnya, daging buah blewah diolah dengan tambahan sirup gula atau sirup cocopandan. Tak lupa tambahan es batu untuk membuatnya lebih segar.

Berbeda dengan dua 'buah' lainnya, buah paling ikonik saat Ramadan, timun suri justru menduduki posisi terbawah. Es timun suri hanya ditunggu-tunggu oleh setidaknya 19 persen responden CNNIndonesia.com.

Dibandingkan dengan kedua jenis buah lainnya, timun suri adalah buah paling sulit didapatkan jika bukan di bulan Ramadan. Sama seperti pembuatan es blewah, timun suri yang memiliki kandungan air tinggi ini bisa disajikan dengan tambahan sirup gula ataupun sirup cocopandan.


Timun suri yang merupakan salah satu 'keluarga besar' labu ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Beberapa di antaranya adalah untuk melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan, dan mengendalikan kadar gula darah.

Selain itu, timun suri juga memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol, mencegah kanker, menurunkan risiko sakit jantung, sampai membantu proses detoks tubuh.