Pesona Aceh

Berburu Menu Favorit Buka Puasa di Aceh

Mohammad Safir Makki, CNN Indonesia | Sabtu, 03/06/2017 12:00 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Dari mulai sambai peugaga atau urap pegagan hingga lemang berbahan dasar ketan, Aceh memiliki sejumlah menu berbuka puasa yang menarik untuk dicicipi.

Ada kudapan spesial saat Ramadan tiba di Aceh. Pedagang menjual Sambai Peugaga atau urap pegagan yang terbuat dari bahan dasar daun pegagan. Sambai peugaga berbahan dasar 44 jenis macam dedaunan dan tumbuhan. Sambai peugaga biasanya sebagai pelengkap makan nasi. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Mi Aceh, mi caluk dan mihun goreng mendominasi jualan pedagang kuliner menjelang buka puasa di Banda Aceh. Mi dengan rasa yang tajam di lidah ini ditawarkan dengan harga rata-rata Rp10 ribu. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Gado-gado menjadi makanan favorit pembuka buka puasa di Aceh. Gado-gado yang djiual sedikit beda dengan yang dijual di Jakarta. Tambahan bunga pepaya menambah pengalaman lidah saat menikmati gado-gado khas Aceh. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Lemang berbahan dasar beras ketan dibungkus daun pisang dan dibakar di dalam selongsong bambu. Penjual lemang di kawasan Pocut Baren ini menjual Rp 4000/potong nya. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Air tebu menjadi pembuka dahaga saat berbuka puasa. Tanaman tebu banyak dijumpai di Aceh, tak pelak lagi jika banyak ditemukan pedagang sari tebu saat jelang buka puasa. Sari tebu dengan sedikit campuran es batu dijual Rp 10 ribu per bungkusnya. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jika berkunjung ke Aceh, sudah tak asing lagi dengan kudapan rujak aceh, meskipun tidak spesial dijual saar Ramadan tiba, rujak aceh menjadi kudapan yang patut dicoba saat buka puasa. Ditambah pecahan es batu, rujak aceh terasa segar meski sedikit pedas sebagai pembuka saat berbuka. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Es cendol tawaran alternatif penghilang dahaga saat berbuka puasa. Tak jauh dari pasar Peunayong Banda Aceh, penjual es cendol menawarkan Rp 5000 untuk satu bungkusnya. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Roti sele menjadi panganan buruan warga menjelang buka puasa. Roti tawar yang dipotong kemudian diolesi selai srikaya lalu dipotong kecil-kecil cukup menambal lapar sehari berpuasa. Penjual roti sele banyak ditemui di pinggir jalan menjelang berbuka dengan harga jual Rp5000-Rp10.000. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Kudapan menyegarkan lainnya adalah es campur. Es campur berisi kacang hjiau, cendol, cincau, cenil, dipau dengan siraman air santan, gula merah dan gerusan es batu dijual Rp10 ribu per bungkus. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Tak terlalu berat di perut jika berbuka dengan martabak telur aceh ini. Martabak yang terbuat dari campuran telur, terigu, potongan bawang merah, cabai, dan sayuran ini cukup membantu perut yang kosong saat berbuka. Martabak telur Aceh ini disajikan dengan potongan halus bawang merah, enak disantap selagi hangat. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Tak lengkap rasanya tidak mencoba ayam dan bebek tangkap khas Aceh ini. Ayam kampung yang diracik digoreng maupun dibakar dengan tambahan daun jeruk ini penambah semangat saat berbuka dengan nasi hangat. (CNN Indonesia/Safir Makki)