Artikel Tajil

Bagaimana Jika Mimpi Basah di Siang Hari saat Berpuasa?

Rahman Indra, CNN Indonesia | Rabu, 07/06/2017 17:00 WIB
Bagaimana Jika Mimpi Basah di Siang Hari saat Berpuasa? KH Maman Imanul Haq menilai puasa tidak batal. Akan tetapi, lain halnya jika waktu puasa diisi dengan tontonan yang mengundang imajinasi lalu mimpi basah. (Foto: PDPics/Hasmat Ali)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mimpi basah kerap dialami remaja pria di masa pubertas. Tak jarang keluarnya cairan semen di saat tidur ini juga dialami pria dewasa.

Bagaimana jika mimpi basah terjadi di siang hari saat berpuasa? Pertanyaan ini kerap muncul dan membuat bimbang. Ada yang beranggapan puasanya batal, tapi ada juga yang meyakini bahwa puasa tidak batal karena itu terjadi secara tak sengaja.

Benarkah demikian?

Menjawab pertanyaan ini, Ketua Lembaga Dakwah PBNU, KH Maman Imanul Haq, mengatakan mimpi basah di siang hari tidak membuat puasa batal. "Karena ini tidak sengaja," ujarnya dalam seri Tanya Jawab Seputar Islam (Tajil) di CNNIndonesia.com


Namun, lanjut dia, lain halnya jika itu terjadi dengan sengaja. Misalkan, kata dia, sambil ngabuburit menunggu waktu berbuka tiba, seseorang menonton tayangan yang membuat dia berimajinasi dan syahwatnya muncul.

"Puasanya tidak batal, tapi pahala puasanya dikurangi," ujar dia.


Lebih jauh, Maman mengatakan Ramadan mestinya diisi dengan aktivitas bermanfaat, dari mulai membaca Al-Quran, diskusi, dan memberi pertolongan pada tetangga, dan saudara daripada buat imajinasi kotor dan membuat mimpi basah.

"Akan lebih dianjurkan mengisi Ramadan dengan hal bermanfaat," pungkasnya.