Delapan Food Blogger untuk Inspirasi Kuliner Selama Ramadan

Syanne Susita, CNN Indonesia | Jumat, 09/06/2017 18:29 WIB
Delapan Food Blogger untuk Inspirasi Kuliner Selama Ramadan Instagram menjadi tempat ideal mencari ide baru untuk hidangan ramadan. (Thinkstock/DarioZg)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ramadan adalah waktunya untuk berpuasa dan membersihkan secara spiritual. Biasanya waktu berbuka puasa atau kerap disebut iftar, orang biasanya bersantap bersama keluarga atau teman terdekat.

Biasanya koki rumahan sangat kreatif dalam meracik menu iftar. Dan, memberi makan bagi orang lain sebagai santapan iftar dianggap satu tindakan baik yang memberi pahala. Kegiatan ini biasanya dilakukan di mesjid atau tempat berkumpulnya komunitas tertentu.

Tidak sedikit dari koki rumahan ini dan juga food bloggers yang kemudian membagi kreasi hidangannya melalui akun Instagram mereka. Bagi yang belum punya ide akan bersantap apa untuk buka puasa nanti, menyusuri akun para food bloggers bisa membantu memberi ide makanan atau hidangan berbuka.


Di bawah ini adalah daftar kompilasi delapan food blogger Muslim yang direkomendasikan oleh Huffington Post yang kerap membagikan resep-resep menarik sebagai inspirasi hidangan berbuka puasa.

Amanda Saab

Amanda Saab adalah mantan finalis Masterchef Amerika musim ke-6 yang kerap membagi resep masakan yang terinspirasi dari neneknya yang berasal dari Libanon.
[Gambas:Instagram]
Salah satu resep yang direkomendasi melalui akun Instagram-nya, untuk merayakan kehangatan saat berbuka puasa bersama keluarga adalah kue kunyit dengan krim mentega dan madu.

Yvonne Maffei

Yvonne Maffei adalah koki rumahan dan juga penulis buku memasak dari Chicago. Anak dari ayah keturunan Sisilia dan ibu keturunan Puerto Rico memeluk agama Islam sejak ia lulus kuliah. Ia memulai dengan menulis di blognya, My Halal Kitchen, sejak tahun 2018.
[Gambas:Instagram]
Yang ia tulis biasanya menyangkut makanan yang ia kenal sejak kecil seperti lasagna dan bakso yang ia modifikasi menjadi makanan yang sesuai dengan pola makan yang sesuai dengan penganut agama Moslem. Salah satu menu Ramadan yang ia unggah di akun instagram-nya, myhalalkitchen, adalah terong isi ayam.

Nour Zibdeh

Nour Zibdeh adalah seorang ahli diet yang tercatat dan tinggal di Virgia. Melalui akunnya, ia puna banyak tips bagaiman menyantap hidangan penuh dengan nutrisi selama Ramadan yang dapat membuat sehat dan berenergi selama menjalani puasa.
[Gambas:Instagram]
My Big Fat Halal Blog

My Big Fat Halal Blog populer sebagai akun yang meresensi restoran halal di London. Tetapi, akun instagram yang dikelola oleh blogger Ayesha Razak ini sering juga membagi ide-ide menu sehat berbuka puasa dan sahur seperti menu gandum sehat untuk sahur.
[Gambas:Instagram]
Malika Ameen

Malika Ameen adalah seorang pastry chef dan penulis buku memasak tentang masakan Pakistan. Sejak kecil, ia ikut merayakan Ramadan di Chicago dan tahu beberapa trik bagaimana memasak menu yang bisa mengenyangkan lama selama berpuasa.
[Gambas:Instagram]
Salah satu rekomendasinya chaat semangka yang rasanya manis dan pedas menjadi favorit karena memberi solusi untuk dapat asupan cairan cepat setelah seharian berpuasa.

Marhamah Sapandi

Bagi yang ingin penasaran seperti apa makanan Jepang yang halal? Jawabannya ada di akun Instagram-nya Marhamah Sapandi. Koki yang satu ini tinggal di Singapura dan sempat sekolah di Tokyo Sushi Academy. Ia membuat sushi dengan menggunakan bahan-bahan halal termasuk pengganti mirin yang tidak mengandung alkohol.
[Gambas:Instagram]
Steak and Teeth

Steak and Teeth adalah akun Instagram yang dikelola oleh Tanin Rahman yang profesinya seorang dokter gigi dan Siddika Ahmed, yang kini masih kuliah untuk menjadi perawat kesehatan mental. Selain meresensi restoran di London, mereka juga membagikan resep-resep yang menarik untuk ramadan.
[Gambas:Instagram]
Salah satunya adalah meracik makanan baru dengan menggunakan kurma dengan cokelat putih, kacang badam dan rasberi. Di bagian atasnya, mereka tambahkan dengan serbihan kacang pistachio.

Sawsan Abu Farha

Sawsan Abu Farha adalah chef keturunan Palestina yang tinggal di Uni Emirat Arab. Melalui akunnya, pengikutnya juga bisa mengetahui dari mana asal makanan yang ia buat. Salah satu resep populer-nya adalah Makloube, yang adalah nasi dan daging khas suriah.