Yogyakarta Bakal Dirubung 4,5 Juta Pemudik Tahun Ini

Gentur Putro Jati, CNN Indonesia | Kamis, 22/06/2017 15:40 WIB
Yogyakarta Bakal Dirubung 4,5 Juta Pemudik Tahun Ini Kawasan belanja tradisional Malioboro di Yogyakarta menjadi salah satu titik berkumpulnya para pemudik. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Yogyakarta diperkirakan bakal disambangi 4,5 juta pemudik selama libur Lebaran tahun ini. Pemerintah Kota Yogyakarta melakukan berbagai persiapan untuk memastikan kota tersebut tetap nyaman bagi para perantau yang mencari nafkah di kota lain.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti menuturkan jumlah pemudik yang berkunjung ke Yogyakarta selama musim Lebaran tersebut mencapai tiga kali lipat dibanding jumlah warga yang beraktivitas setiap hari di kota tersebut. Atau hampir 10 kali lipat dibanding jumlah warga kotanya.

Oleh karena itu, pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk menjaga kondisi Yogyakarta agar tetap aman, bersih dan tertib sehingga pemudik maupun wisatawan yang datang merasa nyaman.


"Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami akan menjalankan Operasi Jogobaran. Kegiatan ini sudah menjadi kegiatan rutin, namun dengan perbaikan-perbaikan agar pelayanan kepada wisatawan menjadi semakin baik," kata Haryadi, dikutip dari Antara, Rabu (21/6).

Operasi Jogobaran yang dilakukan petugas kantor Wali Kota Yogyakarta meliputi pemantauan harga kuliner di objek-objek wisata, ketertiban umum, kebersihan, lalu lintas dan parkir.

"Pada tahun lalu, masih ada keluhan dari wisatawan mengenai berbagai layanan seperti harga kuliner yang mahal hingga tarif parkir. Tahun ini, kami upayakan agar keluhan bisa dikurangi," katanya.

Bahkan Haryadi berjanji akan memberikan sanksi kepada juru parkir nakal yang menaikkan tarif secara tidak wajar hingga merugikan pengunjung.

Pemerintah Kota Yogyakarta akan memusatkan pantauan di 17 titik yang menjadi tujuan utama wisatawan, diantaranya Tugu, Teteg Malioboro, sepanjang Jalan Malioboro, Titik Nol Kilometer, Alun-Alun Utara Yogyakarta dan sekitar Jalan Senopati.