Sambal Terong dan Urap Jadi Menu Makan Siang Obama di Yogya

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 29/06/2017 16:53 WIB
Sambal Terong dan Urap Jadi Menu Makan Siang Obama di Yogya Obama dan keluarga melanjutkan liburan mereka di Yogya dengan jamuan santap siang di Restoran Bumi Langit(REUTERS/Pius Erlangga)
Jakarta, CNN Indonesia -- Usai berjalan-jalan di berbagai obyek wisata di Yogyakarta, Barack Obama dan keluarga bersantap siang. Siang itu, Kamis (29/6), Obama dan keluarganya menyantap aneka makanan khas Indonesia di Restoran Bumi Langit, Imogiri, Bantul.

Makan siang Obama dan keluarga terbilang sederhana. Restoran luas berbentuk rumah tradisional Jawa Tengah, joglo ini menyambut rombongan Presiden ke-44 Amerika Serikat tersebut.


Terletak di atas bukit, restoran ini menyuguhkan pemandangan Imogiri yang indah.


Tak cuma indah dan bergaya tradisional, restoran ini juga menyuguhkan makanan tradisional Indonesia dengan bahan organik. Restoran ini memang spesialis penyaji makanan berbahan organik yang menyehatkan.

Di restoran Bumi Langit, Obama dan rombongan memesan banyak makanan khas Indonesia. Beberapa di antaranya adalah sambal terong, urap Bali, dan sup ikan gurame. Sedangkan minuman yang disajikan untuk Obama beserta rombongan adalah kombucha serai dan susu murbei. Semua hidangan ini disajikan untuk 12 porsi.

Obama mengunjungi berbagai obyek wisata di Yogyakarta termasuk puncak beciciObama mengunjungi berbagai obyek wisata di Yogyakarta termasuk puncak becici (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Iskandar Waworuntu, pemilik Restoran Bumi Langit mengungkapkan bahwa menu-menu tersebut memang jadi menu andalan restorannya. Dia mengaku tak ada perlakuan sajian yang lebih spesial dibanding biasanya untuk Obama.

Semua makanan rumahan tersebut disajikan secara prasmanan untuk Obama serta rombongan. Oleh karenanya, Iskandar mengaku harga makanannya dipatok jadi lebih mahal.


"Habisnya Rp4 juta tadi," kata Iskandar, dikutip dari detikcom.

Jumlah ini memang terbilang cukup mahal tentunya jika dibandingkan dengan harga jual 'normal' yang tercantum dalam buku menu. Makanan di Restoran Bumi Langit ini berkisar antara Rp20 ribu sampai Rp40 ribu per porsinya.

"Ya memang agak mahal. Tapi enggak apa-apa kok, saya harus tutup juga."

Dalam jamuan santap siang Obama dan keluarga di Restoran Bumi Langit, Iskandar mengaku bahwa dia juga harus menutup restorannya untuk umum selama beberapa waktu.