Lima Kriteria ART Idaman Nyonya Rumah

Gloria Safira Taylor | CNN Indonesia
Jumat, 30 Jun 2017 10:46 WIB
Seorang asisten rumah tangga tak cuma dituntut untuk bisa membersihkan rumah. Namun ada beberapa kriteria lain dari seorang ART yang diidamkan ibu rumah tangga. Ada beberapa kriteria ART idaman ibu-ibu rumah tangga selain bisa membersihkan rumah. (Thinkstock/kadmy)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tidak semua ibu rumah tangga dapat melakukan pekerjaannya seorang diri. Saat itulah, tidak sedikit dari mereka yang akhirnya memilih menggunakan jasa asisten rumah tangga (ART) untuk menyelesaikan pekerjaan rumah.

Namun, mencari ART yang sesuai dengan kriteria memang tak mudah. Kadangkala, ketidakcocokan itu membuat ART mengundurkan diri atau tidak kembali lagi ke rumah untuk bekerja.

Adelia Rositawaty, salah satu pengguna jasa ART, mengaku pernah mengalami saat-saat di mana ART tidak kembali lagi ke rumahnya usai melakukan mudik. Dia mengatakan, biasanya alasan yang diberikan karena masalah kesehatan.


"ART tidak balik lagi sih biasanya mereka bilang capek dan mau istirahat dulu di kampung," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (28/6).

Sebagai antisipasi ART tidak kembali lagi, Adelia mengatakan, dirinya memberikan waktu libur yang lebih dari biasanya.

"Kalau sekarang rata-rata balik lagi sih, dikasih libur seminggu tapi bisa perpanjang jadi dua minggu," ucapnya.

Hanya saja, dia mengungkapkan bahwa mencari mencari ART yang cocok itu tidaklah mudah.


"Mencari ART itu lumayan gampang, tapi mencari yang benar-benar bisa cocok kerjanya, baik orangnya sama kita dan terutama sama anak kita itu yang lumayan susah," tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan beberapa ibu rumah tangga lainnya. Miranda, ibu satu putra yang menggunakan jasa ART juga mengeluhkan hal yang sama tentang sulitnya mencari 'si mbak' idaman.

Hanya saja, baik Adelia maupun Miranda mengungkapkan bahwa mereka tak cuma menginginkan ART yang sekadar bisa membersihkan rumah saja. Ada beberapa kriteria yang diidamkan oleh kebanyakan nyonya rumah terhadap ART-nya.


1. Bisa menjaga dan sayang anak

Bukan hanya giat bekerja, seorang ART biasanya dituntut untuk dapat merawat dan menyayangi anak majikan seperti anaknya sendiri. Hal itu pun yang dialami Adelia.

Perempuan dengan anak satu itu mengatakan, dirinya biasa mencari ART yang bisa menjaga dan menyayangi anaknya yang masih di bawah tiga tahun (batita).

"Kalau saya pribadi sebagai ibu yang sambil kerja dan punya anak batita cuma satu kriteria, bisa jagain dan sayang sama anak saya. Biasanya, kalau urusan rumah tangga (pekerjaan) hampir semua ART bisa," ujarnya.

Miranda pun sepakat dengan kriteria ini. Dia mengatakan bahwa kecocokan ART dengan anak menjadi poin utama saat memilih ART.

"Yang penting bisa bantu urus anak dan cocok sama anak, cocok dalam artian bisa sayang sama anak," ucapnya.

"Bisa bantu urus rumah dan bersih-bersih plus bantu urusin anak, itu jadi nilai plus. Dan saya enggak segan kasih gaji tinggi."

Ada beberapa kriteria ART yang diidamkan nyonya rumah Ada beberapa kriteria ART yang diidamkan nyonya rumah(Thinkstock/AndreyPopov)

2. Jujur

Yenny Muliawan, ibu rumah tangga yang juga menggunakan jasa ART mengungkapkan bahwa dirinya selalu mencari seorang ART yang jujur.

"Kalau soal pekerjaan, itu masih bisa diajari tapi kalau kejujuran itu penting. Dua kali saya pernah menggunakan jasa ART yang ternyata tidak jujur, dia pernah mengambil uang saya," ucapnya.

"Memang tidak besar jumlahnya tetapi kan itu hal kecil yang jika dibiarkan akan berdampak besar," ujarnya.

Kejujuran memang menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan dalam pekerjaan. Dari kejujuran itulah biasanya seseorang dapat bertahan lama menjalani pekerjaannya.

3. Giat

Meski setiap ART dinilai dapat bekerja keras tetapi, ada juga yang menilai banyak ART yang suka kerja seenaknya. Hal itu biasanya dinilai dari cara mereka bekerja.

Menurut salah satu pengguna jasa ART lainnya, Agatha Kinanti, dirinya selalu meminta ART yang giat setiap kali menyampaikan kriteria ART yang diinginkannya dari jasa penyalur.

"Kalau saya pribadi maunya yang giat kerja, susah kalau malas-malasan dan suka tidak peka jadinya malah nambah kerjaan," tuturnya.

4. Ramah

Biasanya, keramahan juga menjadi hal penting yang dicari oleh para nyonya rumah. Alasannya, seorang ART yang ramah menandakan jika dia adalah orang yang bersahabat.

Seperti dikatakan oleh Adelia, selain menyayangi anak, ART yang ramah juga menjadi idaman ibu-ibu. "Saya suka ART yang ramah, karena dia berarti bersahabat selain itu dia juga dapat menyambut keluarga saya yang datang dengan baik juga," tuturnya.

seorang ART yang ramah menandakan jika dia adalah orang yang bersahabat.Seorang ART yang ramah menandakan jika dia adalah orang yang bersahabat. (Thinkstock/ Jupiterimages)


5. Menghargai dan menghormati

Menjalani pekerjaan sebagai ART tandanya akan tinggal bersama majikan. Maka itu, biasanya baik ART dan pemilik rumah harus saling menghargai dan menghormati satu sama lain.

"Biasanya, ada juga ART yang tidak mau karena beda keyakinan. Maka itu biasanya saya mencari yang bisa menghargai dan menghormati perbedaan itu," ujar Yenny. (chs/chs)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER