Tips Liburan Antinyasar dengan Mengandalkan Peta Digital

Gentur Putro Jati, CNN Indonesia | Jumat, 07/07/2017 19:23 WIB
Wisatawan tidak perlu lagi takut tersasar, karena ada begitu banyak aplikasi peta jalan digital yang bisa membimbing mereka menuju suatu tempat. Wisatawan tidak perlu lagi takut tersasar, karena ada begitu banyak aplikasi peta jalan digital yang bisa membimbing mereka menuju suatu tempat .(CNN Indonesia/Trisno Heriyanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berkelana ke objek wisata yang berada jauh di luar kota kini semakin banyak dilakukan oleh wisatawan, meskipun daerah tersebut asing bagi mereka.

Wisatawan tidak perlu lagi takut tersasar, karena ada begitu banyak aplikasi peta jalan digital yang bisa membimbing mereka menuju suatu tempat. Berikut adalah sejumlah tips efektif menggunakan Google Maps, dilansir dari VOA News:

1. Temukan tempat wisata menarik
Seorang pelancong ke objek wisata di luar kota atau luar negeri, biasanya sudah tahu kemana akan menghabiskan waktu liburannya. Namun kalau pun benar-benar buta, Google Maps bisa merekomendasikan sejumlah tempat menarik di kota tersebut mulai dari restoran, hotel, kafe, dan sebagainya.


2. Simpan peta offline
Ketika melancong ke objek wisata yang minim infrastruktur telekomunikasi, akses internet dipastikan akan tersendat. Atau tarif internet jelas menjadi lebih mahal jika tujuan liburan tersebut ada di luar negeri. Beruntung, aplikasi peta jalan digital kini bisa digunakan secara offline. Dengan demikian, wisatawan tidak akan tersasar meski tidak terhubung dengan internet.

Tips Liburan Antinyasar dengan Mengandalkan Peta DigitalIlustrasi aplikasi Google Maps. (Diolah dari Google Maps)


3. Bagikan ke teman rute yang dipilih
Tidak ada salahnya berbagi rute menuju suatu tempat di daerah wisata ke teman. Sehingga apabila terjadi kecelakaan di tengah jalan atau hal lain yang tidak diinginkan, rute tersebut bisa dijadikan pegangan untuk melakukan pelacakan.

4. Gunakan 'Street View' untuk memastikan lokasi
Untuk memastikan objek wisata yang dituju, Google Maps memiliki fitur 'Street View' yang menampilkan visual suatu tempat sekaligus kondisi jalanan di sekitarnya. (gen)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK