Vatikan Larang Penggunaan Hosti Bebas Gluten untuk Ekaristi

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 10/07/2017 15:27 WIB
Vatikan Larang Penggunaan Hosti Bebas Gluten untuk Ekaristi Vatikan larang penggunaan hosti bebas gluten. (EUTERS/Aristide Economopoulos | NJ Advance Media/POOL)
Jakarta, CNN Indonesia -- Diet bebas gluten kini tengah jadi tren di berbagai belahan dunia. Beberapa umat Katolik di dunia ternyata juga melakukan diet serupa.

Hanya saja, sebuah masalah pun muncul karena saat diet, Anda tak diperbolehkan untuk menyantap makanan dengan gluten sama sekali. Sedangkan, saat komuni dalam perayaan Ekaristi, hosti kudus yang diterima mengandung gluten.

Hal ini pun sempat menimbulkan perdebatan karena adanya wacana untuk menggunakan roti kudus bebas gluten. Hanya saja, baru-baru ini mengeluarkan aturan baru tentang pedoman pelarangan penggunaan roti bebas gluten selama Ekaristi.



Kardinal Robert Sarah menulis sepucuk surat untuk uskup Gereja Katolik Roma bahwa roti yang digunakan untuk Ekaristi tidak bisa sepenuhnya bebas gluten. Dia mengungkapkan bahwa surat tersebut ditulis atas permintaan Paus Fransiskus.

"Roti yang digunakan dalam Ekaristi haruslah roti tak beragi, dibuat dari gandum murni, dan baru dibuat sehingga tak ada bahaya dekomposisi," kata tulisnya dalam surat tersebut, dikutip dari The Daily Meal.

"Oleh karena itu, jika roti dibuat dari sumber bahan lain, bahkan jika itu adalah biji-bijian, atau dicampur dengan bahan lain selain gandum dan tidak umum digolongkan sebagai roti gandum, maka dianggap tak sah untuk Ekaristi."


Sebelumnya diungkapkan bahwa ada opsi hosti bebas gluten untuk orang yang tak bisa mengonsumsi gluten.

"Hosti atau roti perjamuan yang benar-benar bebas gluten dianggap tak sah atau cacat untuk untuk perayaan Ekaristi," tulis surat tersebut.

"Sedangkan hosti dengan gluten rendah dianggap sah karena mengandung jumlah gluten yang sesuai untuk pembuatan roti, tampa mengandung tambahan bahan lain dan tak memiliki prosedur yang bisa mengubah sifat alami roti." (chs/chs)