FOTO: Senyum dan Polah Mereka di Hari Pertama Sekolah

Hesti Rika Pratiwi, CNN Indonesia | Senin, 10/07/2017 16:30 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah libur selama lebih dari satu bulan, siswa-siswa sekolah dasar hari ini kembali menjalani keseharian mereka. Orangtua pun tak kalah sibuknya.

Siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pasar Baru 03 Pagi, diantar orang tua untuk mengikuti pengenalan sekolah saat masuk pertama, Senin (10/7). (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Hari ini, seluruh siswa sekolah dasar memang mulai kembali bersekolah setelah libur selama sebulan lebih. Ada di antara mereka yang menjalani hari pertama di bangku kelas satu. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Lapangan sekolah SDN Pasar Baru 03 Pagi dan SDN Pasar Baru 01 Pagi dipadati orang tua siswa yang mengantar sekolah di hari pertama masuk. Mengantar anak adalah salah satu cara orangtua untuk membangun kedekatan. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Khusus di hari pertama masuk sekolah setelah libur panjang, perjuangan ini pasti terasa lebih berat. Orang tua harus kembali mengajarkan anak-anaknya untuk membiasakan diri bangun pagi dan pergi ke sekolah. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Di hari pertama masuk sekolah, 'jam tubuh' anak masih belum terbiasa untuk bangun pagi. Akibatnya anak akan sangat sulit dibangunkan lebih awal dibanding hari-hari biasanya. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Orang tua bahkan terkadang memberi iming-iming dan mengungkapkan berbagai alasan untuk membujuk mereka mau mandi dan bersiap-siap sekolah. Dari alasan yang membujuk, memohon, sampai menakuti. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Orang tua mengamati absensi siswa di SDN Pasar Baru 03 Pagi. Anak yang baru masuk sekolah tak bisa hanya diantar sampai pintu gerbang sekolah dan ditinggalkan. Anak yang baru masuk sekolah biasanya diantar dan ditunggu sampai masuk kelas. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Melihat lingkungan dan orang-orang asing, anak biasanya merasa takut. Mereka akan meminta orang tuanya untuk menemani, bukan cuma di luar kelas tapi duduk di samping mereka sampai sekolah usai. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Seorang siswa kelas 1 di SDN Pasar Baru 03 Pagi bahkan ada yang menangis meminta pulang di hari pertama masuk sekolah. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Drama anak ngambek di sekolah ini biasanya dialami oleh orang tua yang anaknya baru masuk kelas satu sekolah dasar atau bahkan masuk TK. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Siswa mengikuti pelajaran pada hari pertama masuk sekolah di SDN Pasar Baru 03 Pagi, Jakarta (10/7). Hari ini para siswa mulai kembali beraktivitas mengikuti pelajaran di sekolah untuk tahun ajaran 2017-2018 usai libur panjang Hari Raya Idul Fitri. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Keriuhan mengantar anak di hari pertama sekolah membuat banyak pekerja memilih cuti atau mengambil libur. Tak heran, kemacetan pun terjadi terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)


ARTIKEL TERKAIT