Tips Memasak Daging Panggang Sempurna yang Super 'Juicy'

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Minggu, 16/07/2017 09:51 WIB
Tips Memasak Daging Panggang Sempurna yang Super 'Juicy' Ada beberapa tips untuk membakar daging nikmat (Thinkstock/AVN Photolab)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tips memanggang daging

Jika tak punya acara bepergian di akhir pekan ini, Anda bisa mengajak keluarga dan teman dekat untuk pesta daging bakar yang nikmat. Hanya saja, sebelum benar-benar memulai pesta daging bakar, Anda harus tahu bagaimana cara membakar daging yang tepat.

Pasalnya, membakar daging tak bisa asal-asalan. Salah cara bakar, dagingnya bakal alot dan gosong.


"Kalau suhunya salah, daging bakal cepat gosong," kata Aldecy Bastos, executive chef dari restoran barbeque Brasil Tucano's kepada CNNIndonesia.com, di Jakarta.

Selain memilih jenis daging yang mudah empuk, misalnya sirloin atau tenderloin, pastikan juga kualitas dagingnya baik dan segar. Tak dimungkiri kualitas daging yang buruk akan memengaruhi rasanya.

Untuk menghasilkan daging bakar yang sempurna, berikut beberapa tips dari chef Bastos.
1. Bumbui dengan garam dan lada
Anda tak perlu membumbui daging dengan terlalu banyak bumbu rempah. "Untuk membuatnya lezat, hanya butuh rock salt dan lada."

Sebelum dipanggang, pastikan Anda membalur semua bagian daging dengan garam dan lada secara merata.

2. Panggang merata
Saat memanggang, Anda bisa menggunakan berbagai peralatan, misalnya pemanggang api ataupun oven. Hanya saja, pastikan Anda mengenal 'alat kerja' tersebut.
Jika menggunakan oven, pastikan Anda menggunakan oven yang dilengkapi dengan 'alat penusuk' yang bisa dipasang di antara rak oven. Tongkat ini akan berputar saat oven menyala sehingga hasil panggangan akan matang merata.

Jika tak memiliki jenis oven demikian, Anda harus perhatikan suhu dan juga waktunya agar tak gosong.

"Sedangkan saat menggunakan pemanggang api, panggang daging selama lima menit per satu sisi. Setelahnya baru dibalik ke sisi satunya."
3. Jika pakai hot plate, pertimbangkan waktu
Saat menggunakan hot plate, tingkat panasnya akan membuat daging tetap termasak dalam waktu singkat.

Jika menginginkan tingkat kematangan medium, penggunaan hot plate akan sangat berisiko. Karena saat sampai di meja makan, bisa jadi daging sudah berubah jadi well done.

"Kalau ingin makan daging medium di atas hot plate, berarti Anda harus angkat daging dari panggangan saat masih medium rare. Saat diletakkan di hot plate, daging akan tetap termasak sampai jadi medium."