4 Spot Diving Indonesia Masuk Jajaran Terbaik di Asia

Advertorial , CNN Indonesia | Kamis, 20/07/2017 14:23 WIB
4 Spot Diving Indonesia Masuk Jajaran Terbaik di Asia
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia kaya akan keindahan alamnya, tak terkecuali alam bawah lautnya. Maka tak heran jika para diver dunia berkunjung ke berbagai spot diving di Indonesia. Menyalurkan hobi pun jadi menyenangkan dan menghasilkan momen yang berkesan.

Keindahan spot diving di Indonesia juga sudah diakui oleh media-media internasional. Pada 12 Juli lalu, CNN merilis sepuluh tempat diving terbaik di Asia. Empat di antaranya berada di Indonesia. Antara lain Derawan di Kalimantan Timur, Raja Ampat (Papua Barat), Pulau Komodo (Nusa Tenggara Timur), dan Tulamben (Bali).

Sedangkan enam tempat lainnya berada di negara-negara berbeda seperti Pulau Sipadan (Malaysia), Similan Islands (Thailand), Mergui Archipelago (Myanmar), Andaman Islands (India), Kerama Islands (Jepang), dan Tubbataha Reef National Marine Park (Filipina).

CNN menyebut ubur-ubur tak menyengat yang ada di Derawan sebagai salah satu atraksi paling memukau.

“Sangat cantik. Sama sekali tidak menyakitkan,” tulis CNN.

CNN juga membahas kecantikan Raja Ampat yang memiliki keragaman terumbu karang dan karang terindah di bumi. Keindahan Raja Ampat juga diakui The Nature Conservancy. 537 Jenis karang dan 1.074 spesies ikan yang luar biasa bisa ditemukan di Raja Ampat.

Tidak hanya itu, CNN juga menyebut Pulau Komodo sebagai tempat terbaik bagi divers andal. Dengan ombak yang kuat dan kedalaman mencapai 40 meter, Pulau Komodo sangat cocok untuk dijajal.

CNN juga menggambarkan kehidupan bawah laut Pulau Komodo yang sangat cantik. Misalnya, keberadaan lumba-lumba, kuda laut kerdil, dan gurita biru.Untuk Tulamben, CNN menyebutnya sebagai salah satu tempat diving paling populer. CNN juga membahas tentang kapal Amerika Serikat (AS) USAT Liberty yang ditenggelamkan torpedo Jepang pada Perang Dunia II silam.

“Saat ini, bangkai kapal sepanjang 120 meter itu menjadi rumah bagi beragam spesies ikan,” tulis CNN.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menghargai pemeringkatan yang dilakukan oleh CNN. Ia berterima kasih karena empat destinasi sudah masuk dalam merilis sepuluh tempat diving terbaik di Asia.

"Masih banyak destinasi underwater yang belum ter-cover oleh CNN," tukasnya.

Ia kemudian menyebutkan Wakatobi Sultra, Morotai Maltara, Banda Maluku, Bunaken dan Selat Lembeh Sulut, Gili Gili di Lombok, Karimunjawa Jateng, Anambas Kepri, Mandeh Sumbar, Belitung Babel, hingga Tanjung Lesung Banten.

"Ratusan spot untuk diving ada di Indonesia. Karena itu kami percaya diri, Indonesia masih terbaik untuk wisata bawah laut," tambahnya.