Hindari Utang Rp49 Miliar, Wanita di China Operasi Plastik

Ferdy Thaeras, CNN Indonesia | Senin, 31/07/2017 07:36 WIB
Hindari Utang Rp49 Miliar, Wanita di China Operasi Plastik Foto: Thinkstock/Jupiterimages
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang wanita di China memiliki strategi yang cukup ekstrim dalam menghadapi utang. Ia rela mengubah wajahnya dengan jalan operasi plastik agar tidak dikenali lagi.

Tidak tanggung-tanggung, utang yang dimiliki wanita 59 tahun tersebut sebesar 25 juta Yuan atau sekitar Rp49 miliar.

Petugas polisi terkejut karena wanita yang dicari-cari tersebut melarikan diri ke Shenzhen dan menangkapnya di sana dengan wajah yang berbeda. Pengadilan di Wuhan pun telah memerintahkannya untuk melunasi semua utangnya.

“Kami sangat terkejut melihat kejadian itu,” seperti yang dituliskan kantor berita Xinhua. “Dia berusia tiga puluhan namun berbeda dengan foto yang kami punya,” ujar pihak kepolisian yang melakukan pencarian dengan model foto wanita tersebut saat masih berusia tiga puluhan.


Wanita yang diidentifikasi bernama Zhu Najuan dan ternyata menggunakan identitas orang lain selama bepergian dengan kereta api ke berbagai tempat. Untuk membiayai operasi plastiknya, ia menggunakan kartu kredit pinjaman, seperti yang dilaporkan Xinhua kepada Reuters, Jumat (28/07/2017).

Hal ini berawal dari pemerintah China yang mencoba membentuk masyarakat yang rutin menggunakan fasilitas kredit.

Hutang di China memang meningkat sejak perwakilan dari lebih 300 kota di China mengeluarkan sebuah deklarasi awal bulan Juli. Isinya menjanjikan lebih banyak kredit untuk belanja para konsumen.

Upaya tersebut diharapkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi baru dan mengurangi ketergantungan pada investasi infrastruktur industri berat.