Cerita Model AS, Idap Vitiligo dan Minder karena Kulit Belang

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Senin, 31/07/2017 16:51 WIB
Cerita Model AS, Idap Vitiligo dan Minder karena Kulit Belang Model Winnie Harlow menjadi inspirasi bagi Iomikoe Johnson yang mengidap vitiligo. Sempat minder pada awalnya hingga kemudian ia bangkit dan percaya diri untuk tampil apa adanya. (Foto: AFP PHOTO / Angela Weiss)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rasa tak percaya diri kadang muncul karena merasa diri kita berbeda dari orang kebanyakan. Hal ini pula yang sempat dialami seorang model bernama Iomikoe Johnson (35) asal Lake Charles, Louisiana, AS.

Awalnya, sebuah bercak putih muncul di lengannya 12 tahun lalu. Johnson berpikir dirinya terkena kanker, tapi bercak putih ini menyebar hingga mata dan bagian kelamin. Kemudian ia tahu dirinya terkena vitiligo.

Vitiligo muncul saat sel yang memproduksi melanin atau pigmen yang menentukan warna kulit mati atau tak lagi berfungsi. Hal ini mengakibatkan muncul bercak putih dalam bentuk tak teratur. Belum ada obat untuk mengatasinya, hanya pengobatan untuk memperlambat penyebaran bercak putih pada kulit.


Ibu empat anak ini sempat kena bully ketika kecil karena kulitnya yang gelap. Ia khawatir akan kembali mengalami hal serupa karena kulitnya yang belang.

"Itu sangat menyakitkan, dan membuat saya hancur, saya bahkan berpikir untuk mengakhiri hidup saya berkali-kali, tapi saya punya anak yang membuat saya bertahan," ucap Johnson dikutip dari Daily Mail (28/7).


"Orang-orang melihat tangan saya dan tidak ingin menyentuh atau menjabatnya. Orang memandangi saya dan berkata-kata tak enak di telinga, tak menghargai saya," sambungnya.

Sehari-hari ia hanya mengenakan baju lengan panjang dan nyaris satu jam merias diri demi meratakan warna kulitnya. Keluarga serta anak-anak Johnson sebenarnya tak peduli soal kulit belangnya dan tetap menerima Johnson apa adanya.

Dorongan dari pasangannya, Phillip yang membuat Johnson menyisihkan tas make-upnya.



"Tunangan saya berkata bahwa saya tidak perlu melakukannya lagi karena dia mencintai saya tak peduli jika saya menggunakan make up atau tidak," kata Johnson.

Terinspirasi Winnie Harlow

Masih ingat dengan Winnie Harlow? Model dengan kulit belang tak biasa tapi berhasil merebut perhatian publik dan dianggap mendobrak tradisi. Johnson terinspirasi dengan semangat Harlow dan bertekad untuk melakukan hal serupa, tetap percaya diri walau dengan vitiligo.


"Suatu hari saya bangun dan melihat foto Winnie harlow di Facebook, seorang model dengan vitiligo dan ya Tuhan dia sangat cantik. Dia punya penyakit yang sama dengan saya. Dia memancarkan kecantikan jadi saya berpikir kenapa saya tidak melakukan hal serupa?" cerita Johnson.

Ia tak lagi menggunakan make up. Ia lelah dengan penilaian orang soal warna kulit. menurutnya, sudah jadi tugasnya untuk menunjukkan pada orang banyak bahwa cantik itu lebih dari sekadar kulit.

"Ibu saya menangis saat saya memutuskan untuk tidak menggunakan make up sama sekali, dia berkata dia sangat bangga dengan saya, ayah saya dan saudara saya semua berkata saya sangat cantik," ujarnya.

Dengan menjadi model yang mempertontonkan kulit belangnya, Iomikoe seolah meyakinkan pada publik bahwa tak jadi soal jika harus berkulit belang dan vitigo. "Saya adalah karya seni, karya seni yang berjalan," ujarnya yakin.