Coke Zero Berganti Coke Zero Sugar, Netizen Tak Rela

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Senin, 31/07/2017 20:54 WIB
Coke Zero Berganti Coke Zero Sugar, Netizen Tak Rela Coca Cola Company menghapus Coke Zero dari daftar produknya per Agustus ini. Sebagai gantinya, mereka merilis Coke Zero Sugar, yang tanpa gula, tanpa kalori. (Foto: kaicho20/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah 12 tahun sejak pertama kali diluncurkan pada 2005, Coke Zero salah satu produk yang dirilis Coca-Cola Company akan berakhir. Sebagai gantinya, Coca Cola merilis Coke Zero Sugar. Rencana pergantian ini diawali pada Agustus ini di AS.  

Coca Cola mengklaim produk baru ini punya resep berbeda dengan Coke Zero. Selain itu, minuman ini juga diklaim menjadi alternatif pilihan yang sangat mewakili rasa Coca-Cola, tapi tanpa gula, tanpa kalori.

Dengan begitu sekilas produk ini tidak hanya mengingatkan pada Coke Zero tapi juga Diet Coke. Lalu, apa bedanya? 


"Ini revolusi Coke Zero," kata CEO James Quincey dikutip dari Business Insider Singapura, pada akhir pekan lalu.


Quincey menyebutkan Coke Zero Sugar mendekati standar rasa perusahaan dan sangat populer di pasaran. Minuman tersebut didesain untuk para konsumen yang mencari minuman rendah gula dan rendah kalori.

Hingga kini, menurut Quincey, banyak orang tak mengerti bahwa Diet Coke dan Coke Zero tidak mengandung gula. Coke Zero Sugar dianggap mampu merengkuh kedua produk tersebut.



Namun, apa yang menurut perusahaan baik, belum tentu demikian dengan para konsumen. Rupanya, kabar penutupan produksi Coke Zero membuat penggemar minuman ini panik. Mereka mengungkapkan ketidakrelaan di media sosial.

Jeremy Medina lewat akun Twitternya, @jeremyjmedina menuliskan: "Tidak jangan hancurkan Coke Zero saya."

Akun @SethAMandel menulis: "Coke Zero sejauh ini adalah soda diet terbaik. Ini lebih baik."


Sedangkan salah satu akun Facebook menuliskan komentar dalam unggahan artikel BI bahwa Coke Zero tak memerlukan resep baru.

"Coke Zero tak butuh resep baru. Ini sepuluh kali lebih baik daripada Diet Coke, dan siapapun tahu hal ini. Jika segala sesuatu, menggantikan resep Diet Coke."

Quincey mengatakan dalam sebuah sambungan telepon bahwa Coca-Cola tidak begitu memperhatikan tentang potensi kebingungan akibat perubahan ini.

"Sudah jelas, perubahan punya risiko," katanya.

Menurutnya, reaksi sejauh ini positif dalam hal formula baru dan desain. Coke Zero Sugar dalam kemasan botol dan kaleng punya banyak kemiripan yang terhubung dengan label Coke Zero seperti label induk, Coca-Cola. Ini dikabarkan sebagai bagian dari strategi 'one brand' yang dicanangkan perusahaan.


ARTIKEL TERKAIT