Enam Makanan yang Disantap Tokoh Legendaris Sebelum Wafat

Gloria Safira Taylor, CNN Indonesia | Rabu, 02/08/2017 18:08 WIB
Enam Makanan yang Disantap Tokoh Legendaris Sebelum Wafat Sandwich kornet menjadi santapan terakhir John Lennon. Sementara, Es krim dan biskuit cokelat adalah asupan terakhir Elvis Presley sebelum tiada. (Foto: Picjumbo/Viktor Hanacek)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setiap orang punya makanan kesukaan. Begitu juga para pesohor dan tokoh legendaris. 

Ada yang menyukai es krim dan biskuit cokelat, ada juga yang menggemari sandwich. Siapa mengira, ketika di menit terakhir seorang tiada, mereka sempat menikmati makanan kesukaan ini untuk terakhir kalinya.

Makanan itu juga punya nilai kenangan bagi yang ditinggalkan. Dilansir dari The Daily Meal, ada sejumlah makanan terakhir yang dinikmati para pesohor, seperti John Lenon, Elvis Preslet, Gandhi dan lainnya sebelum mereka meninggal dunia.



1. Sandwich kornet

Makanan yang erat dengan saat sarapan ini menjadi salah satu kenikmatan terakhir dari penyanyi legendaris John Lennon. Pada 8 Desember 1980, Lennon menikmati sandwich daging kornet sebelum melanjutkan aktivitasnya. Bahkan dia berencana untuk menikmati makanan tersebut dalam porsi yang lebih besar ketika kembali ke rumahnya.

Namun sayang, sandwich daging kornet tersebut tak sempat dia nikmati lebih jauh karena harus ditembak mati oleh Mark David Chapman di luar apartemennya.

2. Es krim dan biskuit coklat

Es krim dan biskuit coklat menjadi salah satu kesenangan dari Elvis Presley. Sebelum meninggal, Presley sempat menikmati empat sendok es krim dan enam biskuit coklat di rumahnya di Graceland, Memphis.

Usai menikmati makanan tersebut, Presley tidur dan terbangun beberapa jam kemudian untuk pergi ke kamar mandi. Nahas dia pun mengalami serangan jantung saat itu.

Enam Makanan yang Disantap Tokoh Legendaris Sebelum WafatFoto: stevepb/Pixabay

3. Telur rebus

Sarapan yang nikmat tentu saja yang disajikan sesuai dengan selera dan kesempurnaan dalam memasak. Menu sarapan memang tidak bisa dilepaskan dari telur. Sebelum menemui ajalnya, John F Kennedy menjadi salah satu orang yang beruntung karena sempat menikmati sarapan yang diinginkannya di Hotel Texas, Fort Worth.

Sarapan itu disajikan oleh koki hotel, Otto Druhe. Dia menyajikan kopi, jus jeruk, dua telur yang direbus selama lima menit. beberapa roti panggang dan selai jeruk di sampingnya.

Kennedy diketahui tidak sempat menikmati makan siang karena masih harus berada dalam iring-iringan untuk menuju ke pusat kota Dallas. Namun sayang, Kennedy tewas ditembak pada pukul 12.30 malam.

4. Omelet

Diana Spencer atau Putri Diana menjadi salah satu sosok yang selalu disorot. Bahkan pagi sebelum kematiannya, paparazzi mendapatkan makanan yang dinikmatinya terakhir kali.

Makanan terakhir Diana adalah omelette dengan isi ikan dover sole, sayuran dengan tempura dan jamur asparagus di Restoran L'Espadon di Ritz Paris.

Enam Makanan yang Disantap Tokoh Legendaris Sebelum WafatFoto: Pixabay/acworks

5. Salad Bayam

Salad memang menjadi pilihan yang tepat untuk dinikmati setiap harinya. Hal itu sama seperti Michael Jackson di hari terakhirnya.

Pada 25 Juni 2009, Jackson menikmati salad bayam dengan potongan daging ayam bagian dada. Namun sayang, beberapa jam kemudian Jackson ditemukan tewas karena keracunan benzodiazepin.

6. Susu kambing dan sayuran

Mahatma Gandhi menjadi salah satu tokoh perjuangan yang menarik perhatian dunia. Pada malam hari tanggal 30 Januari 1948, Gandhi menikmati makanan sehat standarnya.

Dia menikmati susu kambing, sayuran dengan jeruk, jahe, perasan lemon dan mengeta yang dicampur dengan jus buaya. Makanan terakhirnya itu menjadi kebahagiaan dia sebelum dibunuh oleh tokoh nasionalis Hindhu, Nathuram Godse.