Melirik Racikan Jamu Gendong Masa Kini

Andry Novelino, CNN Indonesia | Senin, 07/08/2017 20:57 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Seiring perkembangan zaman, jamu gendong tak lagi benar-benar 'digendong'. Dikemas dalam botol, jamu gendong kini juga dipasarkan lewat online.

Mengikuti perubahan zaman, jamu gendong yang dulunya dijual lewat botol yang digendong dengan menggunakan bakul lalu berkeliling, kini bergeser dengan dipasarkan lewat online. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Mengintip salah satu tempat racikan jamu gendong di bilangan Depok, ada beberapa variasi bahan yang digunakan. Dua bahan pokok beras dan kencur diracik bersama biji kedawung, rimpang jahe, biji kapulogo, buah asam, kayu keningar, kunir, serta gula merah/putih sebagai pemanis. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Proses membersihkan bahan baku jamu seperti temu lawak, harus dilakukan sebelum pengupasan atau pemarutan. Hal tersebut dilakukan untuk mejaga bahan tetap terjaga secara higienis. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Dalam proses pembuatannya, bahan utama jamu dihaluskan dengan ditumbuk, digerus lalu diblender. Air perasannya kemudian disaring menggunakan kalo (saringan dari anyaman bambu) atau kain kasa, hingga diperoleh 1/4 cangkir jamu. Jika tak cukup, dapat ditambah air matang secukupnya. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Sebagai pemanis, bisa tambahkan gula jawa dan gula batu yang dimasak untuk dicampur bersama racikan jamu, seperti beras kencur, temu lawak, kunyit asem dan lainnya. Gula alami penting, karena jamu tak menggunakan pemanis buatan, demi alasan kesehatan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Air perasan jamu jika diperlukan dapat ditambahkan garam, gula aren, dan jeruk nipis. Proses pembuatan mesti diawasi ketat dan higienis. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Usai itu, hasil sementara disaring dan didiamkan dalam satu wadah. Sebelum kemudian dimasukkan ke dalam botol-botol dan siap untuk dijajakan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Di antara jenis jamu gendong, jamu beras sanggrah menjadi salah satu bahan racikan untuk jamu beras kencur. Jamu ini berkhasiat untuk menjaga kesehatan, dan termasuk yang populer di masyarakat. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Selain itu, ada juga jamu kunyit asam yang menurut sebagian besar penjual jamu sebagai jamu 'adem-ademan atau seger-segeran' yang dapat diartikan sebagai jamu untuk menyegarkan tubuh. Ada pula yang mengatakan bermanfaat untuk menghindarkan dari panas dalam atau sariawan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Tak hanya diklaim dibuat dari bahan alami, jamu gendong kini dikemas dalam bentuk botol yang praktis, serta telah pula mengantongi ijin dari BPPOM sehingga aman dikonsumsi. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jika melacak rekam jejak sejarahnya, jamu di Indonesia telah pula diproduksi pabrik-pabrik jamu besar seperti Jamu Air Mancur, Nyonya Meneer atau Djamu Djago, dan dijual di berbagai toko obat dalam kemasan sachet. Kini, publik bisa memperolehnya dengan cara membeli secara online.(CNN Indonesia/Andry Novelino)
Bisnis jamu gendong pun menjanjikan. Ada yang mengungkapkan penjualan sebulan bisa mencapai Rp10 juta, dengan produksi 100 botol jamu perhari. Salah satu jamu gendong yang banyak diminati, khususnya kaum perempuan, yakni jamu sehat langsing yang dihargai sekitar Rp150 ribu per satuannya. (CNN Indonesia/Andry Novelino)




ARTIKEL TERKAIT