Enam Jenis Bawang dan Fungsinya dalam Makanan

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Jumat, 11/08/2017 07:47 WIB
Enam Jenis Bawang dan Fungsinya dalam Makanan ilustrasi beragam jenis bawang (iStock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hampir semua olahan masakan Indonesia menggunakan bawang merah. Bawang merah memang membuat rasa masakan jadi lebih nikmat dan gurih.

Namun nyatanya varian bawang di dunia ini tak cuma bawang merah dan bawang putih saja. Ada beberapa jenis bawang lainnya yang juga banyak ditemui di pasaran.

Faktanya, beda bawang maka beda juga rasa dan fungsinya dalam masakan.


Mengutip Asia One, berikut berbagai jenis bawang yang biasa digunakan dan ditemui di dapur.


1. Bawang mutiara
Bawang jenis ini memiliki ukuran yang kecil dan berwarna putih. Bawang kecil ini diolah dengan cara dipanggang, dibuat acar, atau direbus.

Enam Jenis Bawang dan Fungsinya dalam Makanan Foto: Thinkstock/olgakr

2. Bawang merah
Jenis bawang ini disebut juga sebagai bawang berlian atau bawang Dayak. Ini adalah jenis bawang yang banyak didapatkan di setiap dapur rumah tangga di Indonesia. Bawang ini bisa digunakan untuk memasak atau dimakan mentah.

Enam Jenis Bawang dan Fungsinya dalam Makanan Foto: freemagebank



3. Bawang bombai manis
Sekilas, bawang bombai ini sekilas hampir sama dengan bawang bombai. Namun warna kulitnya terlihat cenderung lebih muda dan punya rasa lebih manis. Beberapa jenis bawang bombai manis yang paling dikenal adalah vidalia, bermuda, dan walla-walla.

Enam Jenis Bawang dan Fungsinya dalam Makanan Foto: Thinkstock/guy-ozenne


4. Bawang bombai kuning
Ini adalah jenis bawang bombai yang umum ditemui di Indonesia. Bawang ini merupakan jenis bawang yang serbaguna dan bisa digunakan di semua jenis makanan.

Enam Jenis Bawang dan Fungsinya dalam Makanan Foto: Thinkstock/Nedim_B

5. Bawang putih
Jenis bawang yang satu ini memiliki warna putih dan bentuk yang cenderung lonjong. Rasanya pun cenderung kuat dan manis. Bawang putih ini biasanya digunakan dalam kreasi masakan China.

Enam Jenis Bawang dan Fungsinya dalam Makanan Foto: Thinkstock/YakubovAlim

6. Daun bawang
Daun bawang digunakan sebagai penyedap dalam masakan dan juga sayuran. Dalam masakan Korea, daun bawang kerap dipakai sebagai minyak penyedap dalam setiap makanan.

Enam Jenis Bawang dan Fungsinya dalam Makanan Foto: Thinkstock/maximkabb