Studi: Teh dan Anggur Bisa Jadi Alternatif Sembuhkan Flu

Gloria Safira Taylor , CNN Indonesia | Jumat, 11/08/2017 20:28 WIB
Studi: Teh dan Anggur Bisa Jadi Alternatif Sembuhkan Flu
Jakarta, CNN Indonesia -- Flu, sakit tenggorokan, demam, batuk dan hidung tersumbat merupakan penyakit yang paling menyebalkan. Tidak ada seorang pun yang menyukai penyakit tersebut karena menyiksa dalam setiap kegiatan yang dilakukan.

Pengobatannya tidak melulu harus menggunakan obat. Seseorang yang mengalami flu dapat mengobatinya dengan meminum segelas anggur atau teh. Dilansir dari The Independent, penelitian terbaru mengatakan, obat terbaik dapat ditemukan dalam anggur atau sesederhana menyeduh secangkir teh.

Penelitian tersebut dilakukan oleh para ilmuwan Washington University School of Medicine. Mereka menemukan senyawa dalam anggur merah, teh hitam dan bluberi yang dapat membantu bakteri usus untuk melawan infeksi dan mencegah influenza.


Para peneliti melakukan tes pada tikus. Mereka menjelaskan bahwa flavonoid yang ditemukan dalam produk tersebut bekerja dengan mikrobiom usus tertentu, yakni clostridum oribiscidens, untuk menciptakan metabolit yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Hasilnya, gejala flu berkurang dan dapat kembali sehat dalam waktu yang lebih cepat. Penulis studi Ashley Steed menilai, flavanoid memiliki sifat pelindung yang membantu mengatur sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.


"Flavanoid biasa ada pada makanan kita, jadi implikasi penting dari penelitian kami adalah flavanoid mungkin bekerja dengan mikroba usus untuk melindungi kita dari flu dan infeksi virus lainnya. Kami memang harus belajar lebih banyak tetapi hasilnya menarik," ujarnya.

Penelitian tersebut telah dicatat dalam Jurnal Science. Meski demikian, masih perlu dilakukan penelitian lanjutan kepada manusia.