logo CNN Indonesia

Hari Kidal Internasional: Fakta Unik Tentang 'Si Tangan Kiri'

, CNN Indonesia
Hari Kidal Internasional: Fakta Unik Tentang 'Si Tangan Kiri' ilustrasi kidal (Thinkstock/Julia_Sudnitskaya)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tanggal 13 Agustus diperingati sebagai Hari Orang Bertangan Kiri Internasional, alias Hari Kidal Internasional.

Beberapa orang menganggap bahwa kidal merupakan sebuah hal unik dan istimewa, namun beberapa di antaranya menganggap bahwa itu adalah sebuah kekurangan.

Namun tahukah Anda bahwa hanya sekitar 10 persen orang di dunia yang kidal dalam kurun waktu 10 tahun. Kidal juga sebagian besar dialami oleh pria.

Mengutip Telegraph, berikut beberapa fakta unik tentang orang-orang kidal.

1. Menurut sejarahnya, dulunya orang-orang bertangan kiri dianggap sebagai orang inferior. Mereka juga dihubungkan dengan ilmu sihir.

2. Bersalaman dengan tangan kiri adalah tanda ketidaksopanan. Ini berasal dari abad pertengahan di mana orang biasa menggunakan tangan kiri mereka setelah pergi ke toilet.
3. Orang Yunani dan Romawi pernah memakai cincin kawin di jari ketiga sebelah kiri. Hal ini dilakukan untuk menjaga orang terlibat kejahatan karena tangan kiri.

4. Juara dunia tenis Rafael Nadal beralih menjadi seorang pemain bertangan kidal. Ada mitos yang menyebutkan bahwa pelatih dan mentornya Toni Nadal mengungkapkan bahwa hal tersebut akan memberinya keuntungan lebih besar di lapangan.

5. Lima dari delapan Presiden Amerika Serikat yaitu Gerald Ford, Ronald Reagan, Geoege H.W. Bush, Bill Clinton, dan Barack Obama adalah presiden yang kidal.
6. Di dunia ini ada sebuah area yang bernama Left Hand (tangan kiri). Area ini terletak di Virginia Barat, Amerika Barat. Hanya saja tempat ini tak diisi oleh komunitas orang kidal.

Area ini diberinama Left Hand karena terletak di dekat sungai Lefthand Run.
(chs)

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video