Jadi Duta Kanker Serviks, Ruben Onsu Teruskan Perjuangan Jupe

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Selasa, 15/08/2017 08:28 WIB
Jadi Duta Kanker Serviks, Ruben Onsu Teruskan Perjuangan Jupe Ruben pernah dimintai Julia Perez untuk menggantikan dirinya hadir dalam kampanye kanker serviks. Kini, ia menjadi duta kanker serviks yang ditunjuk KICKS. (CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ruben Onsu tak pernah membayangkan dirinya akan menjadi seorang duta kanker serviks. Suami Sarwendah ini mengakui masih sedih atas kepergian sang sahabat, Julia Perez yang akrab disapa Jupe. Ruben menuturkan, rencana kampanye ini sudah ia ketahui sejak Desember lalu.

Saat itu, kata Ruben, almarhumah sempat berkata bahwa dirinya tak akan bisa menghadiri kampanye ini. Ia pun meminta Ruben untuk mewakili dirinya.

"Percakapan dengan Jupe, Jupe bilang (kalau ia) nggak pernah bisa datang. 'Lu wakilin guwe. Lu lah wakilin guwe. Ngapain, itu kan acara kanker serviks'," kata Ruben mengenang percakapannya bersama sang sahabat.



Saat mengetahui Jupe divonis kanker serviks, Ruben bercerita bahwa dirinya yang pertama kali tahu hal ini. Ia pun syok, panik juga takut. Namun masih terbesit harapan akan kesembuhan Jupe.

"Tapi kanker sudah menguasai tubuh Julia Perez," tambahnya.

Sebelumnya, lanjut Ruben, tante dari istrinya, Sarwendah juga terkena kanker. Namun ia tak mampu bertahan lama seperti Jupe. Melihat pengalaman ini, menurutnya penting bagi pria untuk turut peduli, tak hanya dari kaum perempuan saja.

"Yang sudah punya istri, support suami itu penting. Kalau yang belum menikah,bisa support keluarganya atau teman-teman dekat ," sambungnya.


Ruben juga meyakini bahwa ditunjuknya deretan selebriti termasuk dirinya menjadi duta kanker serviks bakal membawa pengaruh pada masyarakat. Harapannya, masyarakat semakin sadar akan bahaya kanker serviks sehingga mau ambil tindakan pencegahan.

Apalagi dengan media sosial, mereka dengan mudah menyebarkan informasi seputar kanker serviks dengan mudah dan cepat. Menurut Ruben, dari sekian media sosial yang ia miliki, orang paling banyak melirik akun Instagram dan Facebook miliknya.

"Dari situ suara kita dapat berpengaruh terhadap orang-orang banyak," katanya. (rah/rah)