FOTO: Girang Saat Panjat Pinang

Andry Novelino, CNN Indonesia | Jumat, 18/08/2017 12:27 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Panjat pinang selalu hadir setiap tanggal 17 Agustus, ketika bangsa Indonesia merayakan kemerdekaan. Tak terkucali di Ancol, Jakarta.

Warga berlomba-lomba di ajang panjat pinang kolosal di Pantai Carnaval Ancol, Jakarta, Kamis 17 Agustus 2017. Panitia menyiapkan 172 batang pohon pinang yang digantung hadiah dengan total Rp1,5 juta untuk merayakan HUT ke-72 RI. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Panjat pinang sendiri identik dengan perayaan 17 Agustus. Hampir di setiap kelurahan di seluruh penjuru Indonesia menggelar acara ini bagi warga. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Panjat pinang sendiri punya beberapa filosofi. Pertama adalah mewujudkan cita-cita harus lewat usaha dan upaya yang keras, kerja keras dan tekad. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Sementara itu, filosofi kedua adalah soal kerja sama dan saling gotong-royong untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan tidak mungkin dilakukan bila hanya mementingkan kepentingan pribadi semata. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Seorang pemanjat pinang memang hanya bisa mencapai puncak dengan menggunakan bahu orang lain. Inilah perwujudan filosofi gotong royong panjat pinang. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Panjat pinang bukan satu-satunya tradisi yang identk dengan 17-an. Permainan seperti memasukkan paku ke botol, lomba makan kerupuk, hingga lomba bakiak pun sering digelar ketika merayakan kemerdekaan Indonesia.  (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Panjat pinang sendiri menyajikan hadiah-hadiah unik, mulai dari baju, voucher, sepeda, bahkan hingga televisi. Hadiah ini memicu para peserta untuk berjuang lebih keras. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Warga membagi hasil hadiah dengan tim pemanjat pinang saat mengikuti lomba panjat pinang kolosal di Pantai Carnaval Ancol. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Selain berusaha memanjat batang pohon pinang, warga juga dapat menikmati alunan lagu dangdut dari Grup Soneta dan raja dangdut Rhoma Irama (CNN Indonesia/Andry Novelino)