Menjajal 'Seksinya' Pancake Bebek Peking Kanton di Jakarta

Gloria Safira Taylor, CNN Indonesia | Sabtu, 19/08/2017 08:16 WIB
Menjajal 'Seksinya' Pancake Bebek Peking Kanton di Jakarta Sajian ala Kanton di House of Yuen (CNN Indonesia/Gloria Safira Taylor)
Jakarta, CNN Indonesia -- Asin, mungkin itulah yang pertama kali dirasakan oleh indera pencecap saat menyantap Deep fried squid head with salt and pepper. Namun lambat-lambat dirasakan, ada ledakan rasa gurih yang nikmat.

Tak dimungkiri, gurih adalah dominasi rasa khas dari varian makanan khas Kanton yang bisa dinikmati di House of Yuen. Restoran ini berada di Hotel Fairmont Jakarta.

House of Yuen, menyajikan makanan yang masuk dalam masakan ala Kanton. Makanan itu merupakan sentuhan kontemporer yang digabungkan dengan masakan khas Sun Tung Lok, Hong Kong. Rasa dari masakan ini memang beraneka ragam, dari mulai asin, asam, manis, pedas hingga gurih.



Ketika masuk ke dalam restoran yang beroperasi di bawah 1 Michelin Star restoran Sun Tung Lok itu akan sangat terasa suasana rumah makan ala China. Meski sudah mengikuti perkembangan zaman dengan menggunakan interior yang modern tetapi masih terdapat nuansa tradisional di sana.

Beragam makanan China Kanton tersedia di tempat ini. Semuanya tersedia di dalam buku menu yang semuanya bertuliskan nama makanan dalam bahasa Inggris.

Saat duduk di dalam, seorang pelayan akan menghampiri untuk menawarkan makanan pembuka. Saya memang memilih Deep fried squid head with salt and pepper sebagai makanan pembuka. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, ini akan menjadi kepala cumi goreng tepung bumbu lada garam. Makanan ini cukup sesuai untuk mengawali perjalanan kuliner saya di House of Yuen.

Perjalanan kuliner selanjutnya dilengkapi dengan sajian fusion yaitu, diced ox tounge in XO chilli sauce dan deep fried prawns with wasabi aioli.

Pesta seafood belum berhenti di udang. Selanjutnya pelayan menyajikan fresh crab meat and seafood soup atau sup kepiting.


Rasa sup itu memang lembut dan suwiran daging kepiting pun seolah tak cukup hanya melalui satu sendok makan. Jangan dulu kenyang, ini masih makanan pembuka yang 'tak terlalu berat.'

aneka makanan pembukaFoto: CNN Indonesia/Gloria Safira Taylor
aneka makanan pembuka

Hangat dan gurihnya sup kepiting terasa membuka 'ruang' dalam lambung untuk terus menyantap makanan yang lebih berat. Sepiring black pepper duck dan braised prime rib of beef with house gravy.

Kalau belum puas, China Kanton yang terkenal dengan nasi gorengnya pasti bisa memuaskan kerinduan akan chinese food ini. Sepiring fragrant fried rice with mince wagyu beef and silver sprouts in spicy XO sauce. Kombinasi rasa pedas dengan lembutnya daging sapi wagyu membuat lidah pasti terbuai.

Apalagi dengan tambahan kerenyahan dari toge akan melengkapi teksturnya.


Makanan lain yang juga patut dicicipi adalah lembutnya paduan bebek peking dengan pancake. 'Pancake' bebek peking ini disajikan lengkap dengan irisan ketimun dan juga irisan tipis daun panjang.

Pelayan justru mengiris tipis kulit bebek peking tersebut dan menaruhnya di atas pancake bersama irisan bawang dan timun. Kemudian digulung dan siap disantap. Saat masuk ke dalam mulut rasanya pun beragam, manis dan segar.

Sajian bebek lainnya, bebek lada hitam. Namun buat saya, bebek peking terasa lebih nikmat.

Setelah bebek, pelayan menyajikan iga sapi yang dicampur dengan saus yang nikmat. Iga sapi tersebut memang terasa sangat lembut karena proses memasak yang menghabiskan waktu tiga jam. Tak perlu tenaga banyak untuk memotongnya.

Aneka makanan penutup lucu

landak pink dan kue ondeFoto: CNN Indonesia/Gloria Safira Taylor
landak pink dan kue onde

Usai menikmati menu utama, akan dihadirkan makanan penutup hedgepig bun stuffed with red bean and custard paste. Mungkin Anda tidak akan sampai hati untuk menggigit kue yang berbentuk landak pink. Kue tersebut memang terlihat lucu.

Selain lucu, Anda mungkin tak sampai hati memotongnya karena perut sudah terasa terlalu kenyang. Bagaimana pun juga 'bakpao' ini terbuat dari karbohidrat yang mengenyangkan.

Selain landak pink, sebuah kue onde-onde juga tersedia. Namun ini tak terlalu mengeyangkan karena di dalamnya tak berisi kacang hijau.

Di dalamnya berisi krim custard dengan telur asin di dalamnya.

Untuk minuman sendiri lebih baik memang minum dengan teh China tawar. Teh ini berfungsi untuk menetralkan rasa dari setiap makanan yang masuk ke dalam mulut.

Teh tawar akan selalu diisi ulang oleh pelayan saat gelas sudah cukup kosong. Ciri khas meminum teh masyarakat China adalah dengan menggunakan gelas yang berbentuk seperti mangkuk berukuran kecil.