Jamu Favorit Jokowi dan Rahasia '8-6-3'

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Minggu, 20/08/2017 08:45 WIB
Jamu Favorit Jokowi dan Rahasia '8-6-3' Presiden Jokowi ternyata termasuk satu dari banyak orang yang gemar minum jamu.(CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Jokowi ternyata termasuk satu dari banyak orang yang gemar minum jamu. Minuman herbal tradisional Indonesia ini dinikmatinya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya. 

Sebagai Presiden RI, Jokowi memang wajib menjaga kebugaran dan kesehatan tubuhnya. Mengingat dia memiliki jadwal kerja yang sangat padat.

Jokowi sendiri termasuk rajin minum jamu. Dalam akun Facebook-nya beberapa waktu lalu, Jokowi mengatakan bahwa jamu untuknya diracik oleh juru masak kepercayaan di kediamannya, Tri Supriharjo. Tri Supriharjo yang berasal dari Solo ini sudah mengikuti Jokowi sejak tahun 2013 lalu.


"Pak Tri begitu paham selera makan saya. Ia juga tahu benar takaran dan racikan ramuan jamu untuk saya," tulis Jokowi dalam akun Facebook-nya.

Unggahan tersebut juga dilengkapi dengan video dari dapur kediamannya. 

Dalam video tersebut, Tri Supriharjo mengungkapkan bahwa jamu favorit Jokowi adalah jamu temulawak.

"Yang paling baku bapak (Jokowi) itu kalau pagi itu jamu (Jokowi) dan teh pahit," ucapnya. 

Jamu Jokowi ini terdiri dari temulawak, jahe, dan kunyit. Tri mengungkapkan bahwa jamu temulawak Jokowi memiliki rumus racikan tertentu agar sesuai dengan cita rasa Jokowi.

"Dulu potongannya tiga-tiga-tiga. Sekarang agak banyak. Temulawaknya delapan potong, kunyitnya enam potong, terus jahenya tiga potong," ujar Tri. 

Perubahan rumus ini, dikatakan Tri, disebabkan berubahnya ukuran gelas yang dipakai suami dari Iriana Jokowi tersebut. Tri mengungkapkan mug Jokowi kini semakin besar, sehingga butuh rumus baru untuk mendapatkan rasa dan khasiat yang sama dengan saat Jokowi masih minum jamu dalam mug kecilnya.

Semua bahan tersebut dipotong kecil dan ditambahkan air. Setelahnya, air, temulawak, kunyit, dan jahe ini direbus sampai berubah warna. Setelah mendidih, air jamu yang berwarna kecokelatan tersebut diambil dan disajikan dalam gelas. 
Temulawak sendiri dipercaya berkhasiat untuk menambah nafsu makan. Selain itu, temulawak juga berfungsi untuk melancarkan berbahai macam masalah pencernaan, memelihara fungsi hati, sampai melawan kanker.

Rempah kuning, kunyit memiliki fungsi untuk mengatasi peradangan, mencegah kanker, meredakan maag, sampai meredakan stres dan depresi. Sementara itu jahe berfungsi untuk mengatasi mual, batuk, pilek, meningkatkan daya tahan tubuh, sampai mengatasi nyeri otot.