FOTO: Festival Telur Dadar Raksasa yang Menggiurkan

AFP, CNN Indonesia | Sabtu, 19/08/2017 13:35 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Belasan ribu telur dipecahkan untuk membuat 6500 omelete (telur dadar) raksasa di Malmedy, Belgia. Festival tahunan itu pertama kali digelar dua dekade silam.

Telur-telur dipecahkan di Malmedy, Belgia, dalam festival persahabatan telur dadar raksasa. Ajang tahunan itu digelar pertama kali pada 20 tahun lalu dan biasanya menarik perhatian ribuan orang. (AFP PHOTO / JOHN THYS)
Lebih dari 10 ribu telur digunakan untuk membuat setidaknya 6500 porsi raksasa pada acara yang digelar pada pertengahan agustus tersebut. (AFP PHOTO / JOHN THYS)
Hanya saja, ajang tahun ini dibayang-bayangi skandal telur tercemar. Belgia adalah negara Eropa pertama yang mengungkapkan adanya telur-telur tercemar serangga fipronil pada awal Agustus ini. (AFP PHOTO / JOHN THYS)
Hingga saat ini, ada 14 negara Eropa lainnya yang melaporkan kasus serupa dan bahkan ditemukan hingga ke Hong Kong. Kasus telur tercemar juga membuat jutaan telur ditarik dari supermarket dan dimusnahkan. (AFP PHOTO / JOHN THYS)
Skandal itu membuat jumlah pengunjung festival menurun drastis, dari semula 7000 orang pada tahun lalu menjadi 1000 orang di tahun ini. (AFP PHOTO / JOHN THYS)
Panitia festival menyebut mereka tetap yakin dengan kualitas telur-telur Belgia dan dengan bangga menunjukkannya pada pengunjung. (AFP PHOTO / JOHN THYS)
Uniknya, festival telur dadar pertama kali digelar juga ketika Belgia mengalami kasus serupa yaitu ayam dan telur tercemar dioxin. (AFP PHOTO / JOHN THYS)
Omlette sendiri merupakan panganan populer di Eropa. Biasanya panganan ini dimasak dengan mencampurkan telur, potongan daging, serta dimasak menggunakan tungku pembakaran. (AFP PHOTO / BELGA / KOEN BLANCKAERT)