'Mencicipi' London di Selatan Jakarta

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Rabu, 23/08/2017 21:27 WIB
'Mencicipi' London di Selatan Jakarta Mengusung gelaran 'When Jakarta Meets London', Hotel Fairmont Jakarta menghadirkan kuliner khas The Savoy Inggris seperti omelet, afternoon tea dan cocktail. (Foto: CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bicara soal kuliner Inggris, publik akan membayangkan omelet atau tradisi minum teh di siang hari. Di samping itu, publik bisa jadi juga akan mengingat minuman cocktail yang menggugah selera. 

Aneka pengalaman menikmati kuliner khas itu kini diboyong hotel Fairmont Jakarta lewat gelaran bertajuk 'When Jakarta Meets London' yang berlangsung dari 24 hingga 27 Agustus 2017. Menggandeng hotel ikonik dan legendaris di Inggris, The Savoy, gelaran ini seolah menghadirkan London di Jakarta. 

Sebagai contoh, satu hidangan ikonik The Savoy, Arnold Bennett Omelette. Hidangan satu ini disebut-sebut sudah cukup populer di Inggris. Dibuat pertama kali pada 1920, ini merupakan hidangan khusus yang dibuat koki hotel untuk Arnold Bennett, seorang penulis novel yang menginap di sana. Disebutkan, para koki berusaha menghidangkan omelet sesuai selera sang penulis.


Dalam gelaran kali ini, The Savoy menghadirkan Executive Sous Chef, Francisco Hernandez. Beserta timnya, ia akan membawa resep asli dari the Savoy, tapi dengan bahan-bahan lokal.

"Untuk gelaran besok, kami akan menyajikan yang terbaik," ujar Hernandez saat ditemui di Fairmont Jakarta, Rabu (23/8).


Tak hanya Hernandez, gelaran ini mendapuk pastry chef Luc Bigeard untuk menyuguhkan tradisi minum teh alias afternoon tea orang Inggris.

Selain nikmatnya teh, ia juga akan menyajikan makanan pendampingnya, seperti finger sandwiches dan scones, aneka kue manis dan pastry seperti Battenberg Cake dan Strawberry Victoria Sponge.

Menikmati Inggris tak lengkap tanpa mencicipi minuman cocktailnya. Mengingat itu, gelaran ini juga memboyong mixologist andal, Witek Wojaczek, dari Beaufort Bar, The Savoy.

Selain mengenalkan diri, Wojaczek memeragakan proses ia meracik cocktail andalan seperti Hanky Panky dan Moonwalk. Dijadwalkan ia akan memamerkan lagi keahliannya di K22 Bar Fairmont Jakarta, dengan nuansa ala film James Bond.


"Nantinya kami akan hadirkan suasana yang juga khas London," ujarnya menambahkan.

Digelar selama empat hari di hotel Fairmont Jakarta yang ada di Jakarta Selatan, agenda menghadirkan London di Jakarta ini terdiri dari beberapa rangkaian, di antaranya Afternoon Tea di Peacock Lounge, Bond Girl Party di K22 Bar, bar take over di Barong Bar, kuliner gastronomi istimewa di View Restaurant & Bar, dan Royal Sunday Brunch di Spectrum. 
(rah/rah)