Anthony Bourdain Geram Ada Makanan Terbuang Sia-sia

Rahman Indra, CNN Indonesia | Selasa, 29/08/2017 07:59 WIB
Anthony Bourdain Geram Ada Makanan Terbuang Sia-sia Meski mengaku bukan aktivis, chef ternama Anthony Bourdain mengkritisi banyaknya makanan terbuang sia-sia yang menjadi masalah utama terhadap lingkungan. (Foto: Mike Coppola/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Banyaknya makanan terbuang sia-sia, entah di piring saat makan malam atau saat gelaran perayaan besar menggugah chef ternama dunia Anthoy Bourdain. 

Meski mengaku bukan seorang aktivis, Bourdain tak bisa tinggal diam melihat banyaknya makanan terbuang sia-sia yang tidak hanya mubazir tapi juga menjadi akar persoalan yang mempengaruhi hal lain terhadap lingkungan, sebut saja di antaranya masalah penggundulan hutan, ekstrasi air, kehilangan keanekaragaman hayati dan dampak pada efek rumah kaca. 

Beranjak dari kekhawatiran itu, Bourdain menyelesaikan sebuah film dokumenter yang ia beri judul 'Wasted! The Story of Food Waste'. Bocoran adegan selama dua menitan sudah dirilis menyusul penayangan regulernya pada 13 Oktober mendatang. 



Dalam paparannya, Bourdain seperti dilansir dari Pop Sugar, mengatakan ada sepertiga dari makanan yang diproduksi di seluruh dunia telah terbuang bahkan sebelum disajikan ke atas piring. Setidaknya ini terjadi di AS, di mana ada 40 persen makanan yang diproduksi terbuang sia-sia.

Dalam film dokumenter berdurasi 90 menit itu, ia mengupas banyak hal dari mulai proses awal bahan makanan, hingga masuk ke dalam dapur, diolah dan kemudian dimakan, dan bagian yang terbuang.

Bagi Bourdain, hatinya tergerak untuk peduli akan makanan sisa ini karena ia yakin setiap orang bisa menjadi lebih baik ke depannya. Entah itu dalam menyiapkan makanan atau pun menyiasati supaya tidak ada lagi atau banyak makan yang terbuang begitu saja.

"Sebagai seorang koki dan juga pejalan saya melihat banyak hal, dan salah satunya proses bagaimana makanan tersajikan, ini perlu jadi perhatian," ujarnya.

Selain memuat dirinya, dokumenter ini juga menampilkan sejumlah chef lain seperti Mario Batal, Massimo Bottura, Dan Barber, dan Danny Bowien.

"Sebuah film tidak akan mampu menyembuhkan semua penyakit yang terjadi pada masyarakat, tetapi jika beberapa orang mulai memikirkan apa yang mereka makan, dengan cara yang berbeda atau berpikir dua kali untuk membuang makanan, itu akan menjadi lebih baik," tuturnya.


Film yang dibuat Bourdain tidak hanya berfokus pada masalah tersebut, tapi juga menawarkan solusi seperti mengarahkan kembali perspektif konsumen pada makanan yang biasanya disingkirkan. Ia juga mengajak masyarakat untuk dapat melakukan perubahan pada rantai produksi makanan untuk menciptakan sistem makanan yang lebih berkelanjutan.

Harapannya, setelah menonton film tersebut, orang-orang akan berpikir dua kali saat membuang makanan dalam kulkas, ataupun tak menghabiskan makanan yang tersaji di atas piring. 

[Gambas:Youtube]