Mengenal Sosok Dua Kakak Perempuan Putri Diana

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Selasa, 29/08/2017 15:36 WIB
Mengenal Sosok Dua Kakak Perempuan Putri Diana Dua dekade lalu saat Putri Diana meninggal, Lady Sarah McCorquodale dan Lady Jane Fellowes turut mendampingi Pangeran Charles menjemput jenazah sang adik. (Foto: AFP PHOTO / Joel ROBINE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dari saudara-saudari Diana Spencer atau Putri Diana, mungkin publik hanya mengingat Charles Spencer, adik lelaki Diana. Ia memang dikenang publik lewat keberaniannya dalam pidato jelang pemakaman sang kakak pada 6 September 1997. Saat itu ia berkata bahwa Diana meninggalkannya sebagai seorang penjaga.

"Dalam paragraf terakhir saya kehabisan energi, hampir kehabisan oksigen. Saya harus mengeluarkan kata demi kata dari dasar perut saya," katanya dikutip dari People (26/7).

Tak banyak yang tahu bahwa saat kecelakaan tragis di terowongan Port d'Alma 20 tahun silam, kedua kakak perempuan Diana, Lady Sarah McCorquodale (62) dan Lady Jane Fellowes (60) turut mendampingi Pangeran Charles menjemput jenazah sang adik. Masa kecil Diana memang banyak dihabiskan bersama sang adik, Charles. Namun, baik McCorquodale maupun Fellowes punya andil dalam hidup Diana.



Lady Sarah McCorquodale

Kakak yang berbeda enam tahun di atas Diana ini dikenal publik sebagai 'mak comblang' antara Diana dan Charles. Sebelum berkencan dengan Diana, Charles diketahui mengencani Sarah. Namun hubungan mereka memang tak bisa diteruskan ke jenjang pernikahan. Sarah tak mau menikah dengan Charles jika ia seorang tukang sampah atau Raja Inggris.

Benih cinta tumbuh antara Charles dan Diana pada 1980-an. Di hari pertunangan mereka pada 1981, Sarah mengakui bahwa dirinya yang mengenalkan Diana pada Charles.

"Saya yang mengenalkan mereka. Saya ibarat seorang Cupid," kata Sarah pada Guardian, seperti dilansir dari People.

Setelah menikah, kadang Sarah pergi menemani Diana. Dalam suatu kesempatan, Diana pernah berkata bahwa Sarah adalah "satu-satunya orang yang saya tahu saya bisa percaya."



Sarah dikenal dekat dengan keponakannya, Pangeran William dan sang istri, Kate Middleton. Ia menghadiri pernikahan mereka pada 2011 lalu dan menghabiskan waktu bersama saat peringatan 16 tahun kematian Diana. Satu fakta yang masih jadi ganjalan di hatinya adalah saat peristiwa kecelakaan, Diana tak mengenakan sabuk pengaman.

"Dia begitu patuh dan mengenakan sabuk pengaman. Mengapa ia tidak mengenakannya malam itu?" katanya pada suatu kesempatan wawancara.

Lady Jane Fellowes

Adik Sarah, Jane Fellowes berbeda empat tahun dengan Diana. Jane menikahi Robert Fellowes, asisten sekretaris pribadi Ratu Elizabeth. Saat pernikahan mereka, Diana 16 tahun menjadi pendamping pengantin atau bridesmaid.

Pernikahan sang kakak dengan Fellowes memuluskan perjalanan cintanya dengan Charles. Pertemuan pertama Diana dan Charles pada 1980, bertepatan dengan dipanggilnya jane dan sang suami ke Balmoral, kediaman sang ratu. Mengetahui sang adik yang sedang kasmaran, Jane membawa Diana turut serta.

Kedatangan Diana ke Balmoral dan terciumnya hubungan mereka oleh media, kemudian hal ini mengindikasikan akan adanya suatu pernikahan agung.



Namun tak semua berjalan mulus begitu saja. Suami Jane dipromosikan menjadi sekretaris pribadi Ratu pada 1990, tapi ini juga bersamaan dengan gonjang-ganjing rumah tangga Charles dan Diana. Dilaporkan bahwa Jane jarang berbicara dengan Diana dalam 18 bulan terakhir hidupnya.

Setelah kematian sang adik, Jane tak sekalipun muncul di mata publik, bahkan pada 1999 saat sang suami diberi titel Baron atas loyalitasnya pada Ratu. Namun tak berarti mereka putus hubungan persaudaraan. Sang putri, Laura masuk dalam daftar nama ibu baptis bagi putri Pangeran William, Puteri Charlotte pada 2015 silam.