FOTO: Kala Restoran Bangkok Mulai Sajikan Serangga

AFP PHOTO / Lillian Suwanrupha, CNN Indonesia | Rabu, 30/08/2017 18:00 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Dulunya, serangga dianggap sebagai makanan kotor dan jadi makanan orang miskin di Bangkok, tapi kini olahan serangga sudah mulai masuk ke restoran. 

Bangkok, Thailand sudah tak asing lagi dengan berbagai makanan aneh dan uniknya. Salah satu yang tergolong unik adalah aneka olahan serangga. (AFP PHOTO / Lillian SUWANRUMPHA).
Kandungan protein dan jumlahnya yang berlimpah membuat serangga jadi makanan favorit para petani Thailand. Hanya saja makanan ini kerap dianggap memberikan citra negatif sebagai makanan untuk orang miskin. (AFP PHOTO / Lillian SUWANRUMPHA)
Banyak orang kaya di Thailand menganggap bahwa serangga sebagai makanan yang tidak menimbulkan selera makan dan juga kotor. Namun lama kelamaan serangga pun mulai diterima orang kaya di Thailand. (AFP PHOTO / Lillian SUWANRUMPHA) 
Kini, serangga-serangga tersebut mulai masuk sebagai menu beberapa restoran kelas atas di Bangkok. Hal ini terjadi karena sudah penikmat kuliner Bangkok sudah beralih pada tren pangan global yang berkelanjutan. (AFP PHOTO / Lillian SUWANRUMPHA)
Ratta Bussakornnun, salah satu penikmat serangga mengaku skeptis pada awalnya saat mencoba makan serangga di Backyard, sebuah restoran yang mengklaim sebagai restoran masakan serangga pertama di Bangkok. (AFP PHOTO / Lillian SUWANRUMPHA)
Ratta mengungkapkan bahwa makanan tersebut disajikan dengan baik dan punya rasa yang enak. Selain itu olahan serangga ini juga dianggap memberikan sentuhan kreasi yang luar biasa. (AFP PHOTO / Lillian SUWANRUMPHA)
Restoran Backyard terletak di Chang Chui, sebuah distrik di bagian Barat Bangkok yang dipenuhi dengan toko kaset vinyl dan juga butik perancang lokal. (AFP PHOTO / Lillian SUWANRUMPHA)